Halaman

Translate

Kesehatan Remaja

Panduan Fasilitator Kesehatan Remaja Untuk PM R 2008 ANALISA KOMPETENSI KESEHATAN REMAJA PMR MULA Kompetensi Umum Kompetensi Khusus Kompetensi penduk ung • M emiliki p engetahuan tentang Ger akan • M emiliki p engetahuan tentang Pr insip Dasar Ger akan • M emiliki p engetahuan tentang ketentuan Lambang • M emiliki p engetahuan tentang or ganisasi PM I dan keg iatannya • Dapat menjadi “peer leader ship” (contoh bagi teman s ebaya) • M emiliki p engetahuan tentang tumbuh kembang r emaja • M emiliki p engetahuan tentang kesehatan r epr oduksi r emaja • M emiliki p engetahuan tentang Napza • M emiliki p engetahuan tentang per an PM R M ula dalam hal kesehatan r emaja • M emiliki p engetahuan tentang Infeksi M enular Seksual • M emiliki p engetahuan tentang penyebab dan pencegahan HIV /AIDS ANALISA TUJUAN BELAJAR KESEHATAN REMAJA PMR MULA No. Tujuan Belajar Indik ator Materi 1. M engetahui tumbuh kembang r emaja 2. M engetahui kesehatan r epr oduksi r emaja • Dapat menyebutkan kar akter r emaja yang sehat fisik, mental, dan sosial untuk mendukung kualitas tumbuh kembang r emaja • Dapat menyebut kan minimal 3 per bedaan dan per samaan laki-lak i dan per empuan (fisik, mental, dan p er an sosial) • Dapat menyebutkan kesehatan r epr oduksi r emaja • Dapat menyeb utkan fungsi alat r epr oduksi • Dapat menyebutkan minimal 4 car a menjag a keber sihan or gan-or ganr epr oduksi • Tumbuh kembang r emaja • Kes ehat an r epr oduksi r emaja • Alat r epr oduksi 3. M engetahui Napza 4. M engetahui per an PM R M ula dibidang kesehatan r emaja • Dapat menyebutkan penger tian nap za dan dampak penyalahg unaannya • Dapat menyebutkan minimal 3 jenis Napza ber dasar kan efek peng gunaannya • Dapat melaks anakan per an PM R M ula dibid ang kesehatan r emaja • Napza • Per an PM R M ula dibidang kesehatan r emaja 239 KURIKULUM KESEHATAN REMAJA PMR MULA Pok ok Sub Pokok Tujuan Alok asi Sumber Belajar Bahasan Bahasan Pembelajaran Wak tu Metodologi Media Tumbuh kemb ang r emaja Tumbuh kembang r emaja • Peser ta dapat menyebutkan kar akter r emaja yang sehat fisik, mental, dan sosi al untuk mendukung kualitas tumbuh kembang r emaja • Peser ta dapat menyebutkan minimal 3 per bedaan dan per samaan laki-laki dan per empuan (fisi k, mental, dan per an s osial) 2 x 45’ • Cer amah • Tanya jawab • Di skusi • Si mulasi • Penugas an •Flipchar t • Spidol • Alat per aga Buku PRS PM I bidang K esehatan dan Kesej ahter aan Remaja Kes ehat an r epr oduksi r emaja Kes ehat an r epr oduksi r emaja • Peser ta dapat menyebutkan alat r epr oduksi • Peser ta dapat menyebutkan tujuan kesehat an r epr oduksi r emaja • Peser ta dapat menyebutkan minimal 4 c ar a menjaga kesehatan or g an r epr oduksi 2 x 45’ • Cer amah • Tanya jawab • Diskusi • Simulasi • Penugasan •Flipchar t • Spidol • Alat per aga Buku PRS PM I bidang K esehatan dan Kesej ahter aan Remaja Napza Napza • Peser ta dapat menyebutkan penger tian napza dan penyalahg unaannya • Peser ta dapat menyebutkan minimal 3 j enis napza ber dasar kan efek peng gunaannya 2 x 45’ • Cer amah • Tanya jawab • Di skusi • Si mulasi • Penugas an •Flipchar t • Spidol • Alat per aga Buku PRS PM I bidang K esehatan dan Kesej ahter aan Remaja Per an PM R M ula dibidang kesehat an r emaja Per an PM R M ula dibidang kesehatan r emaja • Peser ta dapat meningkatkan pengetahuan, ketr ampilan, dan kesadar an untuk ter libat dalam kegiatan kesehatan r emaja • Peser ta dapat menjadi contoh bagi teman s ebaya untuk 4 x 45’ • Cer amah • Tanya jawab • Diskusi • Simulasi • Penugasan •Flipchar t • Spidol • Alat per aga Buku PRS PM I bidang K esehatan dan Kesej ahter aan Remaja ber per ilakuhidup sehat 10 x 45’ Pilihanku A . Pok ok Bahasan Tumbuh kemb ang rema ja B. Sub Pok ok Bahasan Tumbuh kemb ang rema ja C. Tujuan Pembelajaran 1 . Peserta dapat menyebutkan karakter rema ja yang sehat fisik, menta l, dan sosial untuk me ndukung kualita s tumbuh kemban g remaja 2 . Peserta dapat menyebut kan minimal 3 p erbedaan dan p ersamaan laki- laki dan perempuan (fisik, ment al, dan peran sosial) D. Sasaran PMR Mula E. W ak tu 2 x 45 menit F. Metode Bermain peran, di skusi, presentasi G. Media Flipchart, per lengkapan untuk bermain per an, alat tulis H. Proses Pembelajaran 1. Pen gantar Fa silita tor me nyi apk an beb era pa nask ah unt uk ber mai n p era n. Alu r c eri ta hendaknya sesuai dengan kehidupan sehari-hari remaj a seusia PMR Mula 2. Kegiatan Belajar a . Fasilitator membag i peserta menjadi beberapa kelompok , yang disesuaikan dengan jumlah naskah b . Setiap kelompok bermain peran, dan diperbolehkan mengemba ngkan cerita tersebut c. Pesert a lainnya mengamati karakter d an dialog- dialog yan g muncul s elama proses ini d . Setelah seluruh k elompok menyelesaikan tugasnya, di skusikan bersama:  Mengapa tokoh utama memilih perilaku tersebut?  Apa dampak jangka p endek dan jan gka panjang b agi kesehata n tokoh ut ama?  Ap a da mpa k p erilaku tok oh uta ma t erh ada p ke seh atan or ang -ora ng disekitarnya?  Dari mana asal masalah para tokoh utama?  Apa yang ak an kalian lak ukan un tuk me lindung i diri kalian agar t etap sehat?  Apa yang kalian k etahui tentang kesehatan fisik, me ntal, dan sosial?  Apa perb edaan dan pers amaa antar a remaja laki-laki dan p eremp uan dari segi peri laku kesehatan fisik, menta l, dan social? I. Penugasan Se ti ap p es er ta mend is ku si ka n de ng an an gg ot a ke lu ar ga ma si ng -mas in g, d an menuliskannya p ada jurnal sbb:  Apa kah kali an me rasa ter gangg u de ngan per ilaku teman-t emanmu? ( kait kan dengan perilak u hidup sehat)  Apakah kalian merasa perilaku kalian te lah menggaggu orang-orang disekitarmu? Bagaimana k alian tahu?  Apa kah kalia n ak an me ngub ah pe rila ku ka lian agar dap at hi dup lebih seh at? Bagaimana caranya? Contoh naskah untuk bermain peran  Pada pertemuan keluarga, beberapa anggota keluarga mi num minuman keras. Hal ini t elah menjadi kebia saan s elama berta hun-ta hun. Anggota kelua rga lainnya kawatir me reka menjadi mabuk dan menimbulkan kekacauan. Setiap anggota keluarg a memberikan reaksi sikap ya ng berbeda-beda  Sekelompo k siswa kelas 5 SD sedang berkumpul. Salah seorang da ri mereka men geluar kan ro kok da n mena warkan kepa da teman-temannya. Beber apa orang menerima, sedan gkan lainnya menolak  Seorang siswa kelas 6 SD sedang duduk bersama anggota k eluarganya diruang makan. Namun dia t idak mau makan karena tidak ingin menjadi gendut dan berjerawat Remaja sehat A . Pok ok Bahasan Tumbuh kemb ang rema ja B. Sub Pok ok Bahasan Tumbuh kemb ang rema ja C. Tujuan Pembelajaran 1 . Peserta dapat menyebutkan karakter rema ja yang sehat fisik, menta l, dan sosial untuk me ndukung kualita s tumbuh kemban g remaja 2 . Pesert a dapat me nyebutkan minimal 3 p erbedaan d an persama an laki-la ki dan perempuan (fisik, ment al, dan peran sosial) D. Sasaran PMR Mula E. W ak tu 2 x 45 menit F. Metode Simulasi, disku si, presentasi G. Media Flipchart, alat tulis H. Proses Pembelajaran 1. Pen gantar Fasilitator menggali pengetahuan pesert a terkait kesehatan fisik , mental, dan sosial pada remaja la ki-laki dan perempuan 2. Kegiatan Belajar a . Fasilitator membagi peserta menjadi 2 kelompok, dan memberikan alat tulis serta kertas flipchart b . Setiap kelompok me milih seorang anggotanya untuk berba ring diatas kertas flipchart, seda ngkan anggota lainnya membuat garis badannya c. Pada gambar tersebu t setiap kelompok:  Menuliskan judul gambar, misal: “Seperti apa s eorang remaja?”  Menentukan nama, jenis kelamin, dan usia (arahkan a gar tiap kelompok jenis kelamin nya berbeda)  Dapat pula dit ambahkan d engan gambar pakai an, karakt er fisik, atau kata-kata yang menunjukkan bahwa dia adalah seorang remaja d . Berdasark an gambar masing-masing, kemudian di skusikan:  Perubahan apa yang dihadapi remaja laki-laki dan per empuan, dari fase anak-anak? (arahka n diskusi pada perubahan fisik, per ilaku hidup sehat, hubungan dengan k eluarga, hubungan dengan teman-te man yang berjenis ke la mi n s ama mau pu n be rbe da , keb ut uh an di se kolah , wa ktu u nt uk bersenang-senang d engan teman, dll)  Apa ka h se mu a re maj a me ng alami h al y an g sa ma ? M en ga pa y a da n mengapa tidak?  Ap aka h mud ah bag i r ema ja un tuk me lalui pe rub aha n i ni? Baga ima na mengata sinya?  Apak ah kit a sudah siap memasu ki masa remaj a? Jika belum, apa yang harus kita siapkan? e . Setiap kelompok mempresentasikan hasildiskusinya, kemudian sepakati terkait kesehatan fisik, me ntal, dan sosial, serta persamaan da n perbedaan remaja laki-laki dan per empuan dari segi fisik, mental, dan peran sosial I. Penugasan Setiap pesert a membuat kesepakatan prib adi “jika saya dapat merub ah segala hal tentang diri saya pada hari ini, apa yang akan saya ubah dan mengapa? Balon kesehatan reproduksi remaja A . Pok ok Bahasan Kesehatan repr oduksi remaja B. Sub Pok ok Bahasan Kesehatan repr oduksi remaja C. Tujuan Pembelajaran 1 . Peserta dapat menyebu tkan alat reproduksi 2 . Peserta dapat menyebutkan tujuan kesehatan re produksi remaja 3 . Peserta dapat menye butkan minimal 4 cara menjaga kesehat an organ reproduksi D. Sasaran PMR Mula E. W ak tu 2 x 45 menit F. Metode Diskusi, presentas i, curah pendapat G. Media Ala t tu lis, flipc hart , gambar alat repro duks i lak i-la ki da n pe rempu an, b eber apa balon berisi pe rtanyaan terkait kesehatan re produksi remaja H. Proses Pembelajaran 1. Pen gantar Fa silita tor me ngg ali p eng eta hua n p ese rta te nta ng ana to mi dan fa al, ya ng berkaitan dengan alat reproduksi 2. Kegiatan Belajar a . Seluruh peserta membuat lingkaran b . Fasilitator menyete l musik, dan memberikan 1 balon kepa da seorang peserta c. Pe se rta te rs ebu t member ik an ba lon ke pa da pe ser ta di seb elahn ya, d an seterusnya d . Jika fasilitator menghentikan musik, maka peserta yang terakhir menerima balon meletuskann ya dan menjawab pertanyaan yang ada didalam balon e . Jika p ertanyaan ti dak dapat d ijawab deng an lengkap, maka pesert a yang lain dapat membantu f . Ulangi proses ini samp ai seluruh balon habis I. Penugasan Peserta membu at catatan pada buku masin g-masing “tips menjaga ke sehatan organ reproduksi” Catatan untuk fasilitator:  Fasilitator d apat melibatkan guru bio logi, petugas k e se h a ta n , at a u r e la wa n ya n g me mb i d an g i h a l i n i se b a ga i na r a sumber  Fasilitator d apat meng gunakan hasil di sku si p ada to pik Tu mbuh Ke mba ng Re maj a u ntu k mempe rda lam ba has an diskusi Untuk apa? A . Pok ok Bahasan Kesehatan repr oduksi remaja B. Sub Pok ok Bahasan Kesehatan repr oduksi remaja C. Tujuan Pembelajaran 1 . Peserta dapat menyebu tkan alat reproduksi 2 . Peserta dapat menyebutkan tujuan kesehatan re produksi remaja 3 . Peserta dapat menye butkan minimal 4 cara menjaga kesehat an organ reproduksi D. Sasaran PMR Mula E. W ak tu 2 x 45 menit F. Metode Diskusi, presentas i, curah pendapat G. Media Alat tulis, flipch art, gambar alat reproduksi laki-laki dan perempuan H. Proses Pembelajaran 1. Pengantar Fa silita tor me ngg ali p eng eta hua n p ese rta te nta ng ana to mi dan fa al, ya ng berkaitan dengan alat reproduksi 2. Kegiatan Belajar a . Fasilitator memperlihatkan gambar alat reproduksi laki- laki dan perempuan b . Fas ilita tor memin ta be berap a pes erta memb eri n ama p ada s etia p bag ian alat reproduksi, se dangkan peserta yang lainnya bertuga s mencari informasi tentang f ungsinya c. Temp elkan p ada ga mbar d . Kemudian bah as, dan buatlah kesepaka tan tentang:  Mengapa alat rep roduksi perlu dijaga kesehatan d an kebersihannya  Cara menjaga k ebersihan dan kesehatan alat reproduksi I. Penugasan Pad a bu ku masin g-ma sing , pe sert a me mbua t da ftar ora ng/lemba ga y ang pali ng dapat dipercay a untuk memberikan informa si atau tempat bertanya ha l-hal terkait kesehatan reproduksi remaja. Buatlah daftar pertanyaan yang akan diajukan. Segera temui mereka un tuk berdiskusi Contoh: Ib u (g amb ar se oran g ib u) Pertany aank u: apa itu hai d? A pa y ang haris aku l akuk an? Kakak laki-laki (gamb ar) Pertanyaanku: mengapa aku berje rawat Aku paling percaya kepada… untuk bertanya dan mendapat informasi tentang… (gambar orang tanpa wajah/siluet) Pertanyaanku: …? Ayah (g ambar) Pertanyaanku: …? Teman (gambar) Pertanyaanku: …? Pilih Mana? A . Pok ok Bahasan Napza B. Sub Pok ok Bahasan Napza C. Tujuan Pembelajaran 1 . Peserta dapat me nyebutkan pengertian napza dan p enyalahgunaannya 2 . Pe se r t a d a p at men y e b ut k a n mi n ima l 3 j e ni s na p z a b e r da s a r ka n ef e k penggunaannya D. Sasaran PMR Mula E. W ak tu 2 x 45 menit F. Metode Diskusi, cur ah pendapat G. Media Flipchart, alat tulis H. Proses Pembelajaran 1. Pen gantar a . Fasi litator menanya kan kepa da pese rta sia pa yang pernah mengkons umsi obat? Kapan? (k emungkinan jawaban yang muncu l “saat sakit”) b . Kemudian sepakati bersama pengertian obat dan fungsiny a. Arahkan peserta bahwa mengkonsumsi obat secara berlebihan berarti me nyalahgunakan obat 2. Kegiatan Belajar a . Fasiitator mengg ali pengetahuan peserta tentan g akronim Napza b . Tanyakan pad a peserta jenis-jenis Na pza yang diketahui. Ara hkan peserta hingga menentukan rokok dan minuman keras sebagai b agian dari Napza. c. Diskusikan dengan peserta dampak yang timbul akibat merokok dan meminum minu man ke ras d . Mintalah salah s eorang peserta untuk memaparka n hasil diskusi e . Buatlah kesepa katan pilihan sikap perila ku hidup sehat I. Penugasan Berdasarkan h asil kesepakatan diskusi, setiap peserta agar membua t slogan yang bertujuan memberikan contoh kepada tema n sebaya untuk berperilak u hidup sehat Rokok A . Pok ok Bahasan Napza B. Sub Pok ok Bahasan Napza C. Tujuan Pembelajaran 1 . Peserta dapat me nyebutkan pengertian napza dan p enyalahgunaannya 2 . Pe se r t a d a p at men y e b ut k a n mi n ima l 3 j e ni s na p z a b e r da s a r ka n ef e k penggunaannya D. Sasaran PMR Mula E. W ak tu 2 x 45 menit F. Metode Diskusi, cur ah pendapat G. Media Flipchart, ala t tulis, tiruan rokok dala m ukuran besar H. Proses Pembelajaran 1. Pen gantar Fasilitator menanya kan kepada peserta apakah ada anggot a keluarganya yang meroko k? Sudah b erapa lama mereka me rokok? 2. Kegiatan Belajar a . Fasilitator mema sang tiruan rokok dalam ukuran besar pada papan b . Fasilitator meminta p eserta mendiskusikaj:  Bahan-bahan yang ter kandung dalam rokok  Dampak bagi kesehatan c. Tempelkan hasil disku si pada tiruan rokok d . Beberapa orang memaparkan hasil diskusi, da n dapat ditambahk an dengan bermain peran I. Penugasan Setiap pesert a menuliskan pada buku mas ing-masing komitmen untuk memilih akan merokok atau t idak merokok, disertai den gan alasannya Bagaimana ak u bertanggung jawab terhadap kesehat ank u dan temanku? A . Pok ok Bahasan Peran PMR Mula dibid ang kesehatan remaja B. Sub Pok ok Bahasan Peran PMR Mula dibid ang kesehatan remaja C. Tujuan Pembelajaran 1 . Peserta dapa t meningkatkan pengetahu an, ketrampilan, dan kes adaran untuk terlibat dalam kegia tan kesehatan remaja 2 . Peserta dapat menja di contoh bagi teman sebaya untuk berp erilaku hidup sehat D. Sasaran PMR Mula E. W ak tu 4 x 45 menit F. Metode Diskusi G. Media Alat tulis, flipchart H. Proses Pembelajaran 1. Pen gantar Fasilitator mengajak peserta untuk meny anyikan lagu-lagu terkait dengan remaja sehat 2. Kegiatan Belajar a . Fasilitator menany akan kepada peserta pengertian tangg ung jawab, beserta contohnya b . Fa si li tat or me nd is kus ik an ba ga ima na mere ka a kan b er tan gg ung j awab ter hadap keseha tan ma sing- masing (arah kan di skusi pada hal-ha l terk ait kesehatan reprod uksi dan napza) c. Kemu d ia n di s k us i di lan j u tk a n d e n ga n ba g a ima na a ng g o ta P MR M ula bertanggung j awab terhadap kesehatan te man sebayanya d . Se lu ru h pe ser ta membua t ke se pa kat an b ag ai man a be rt ang gu ng j awab terhadap kese hatan diri sendiri dan te man sebayanya I. Penugasan Setiap peserta melaksanakan kesepakatan yang telah dibuat untuk di rinya sendiri. Kemudian mere ka dapat memberikan contoh perilaku hidup sehat min imal kepada 1 orang temannya. Tulis hasilnya pada buku masing-masing, d an evaluasi bersama Aku akan… A . Pok ok Bahasan Peran PMR Mula dibid ang kesehatan remaja B. Sub Pok ok Bahasan Peran PMR Mula dibid ang kesehatan remaja C. Tujuan Pembelajaran 1. Peserta dapat meningkatkan pengetahuan, ketrampilan, dan kesadaran untuk terlibat dalam kegia tan kesehatan remaja 2. Peserta da pat menjadi contoh bagi te man sebaya untuk berperila ku hidup sehat D. Sasaran PMR Mula E. W ak tu 4 x 45 menit F. Metode Diskusi, cur ah pendapat G. Media Alat tulis, flipchart, kertas warna, alat gambar H. Proses Pembelajaran 1. Pen gantar a . Fasili tator meng ulas kesep akatan-kes epakatan y ang telah dihasilkan pada pemb ahasan tumbuh k embang remaja, keseha tan rep roduksi remaja, dan napza. b . Fasilitator dan pe serta mengevaluasi bersama pelaksan aan dan pencapaian kesepakatan tersebut 2. Kegiatan Belajar a . Fasili tator membag ikan kertas warna atau kertas flipc hart kepada setiap peserta b . Masing-masing peserta menuliskan AKU p ada kertasnya c. Kemudian pada kert as tersebut tambahkan kata-kata, g ambar, atau symbol yang menyatakan:  Karakter masing-masing yang berkaitan dengan peri laku hidup sehat  Kesepakatan yang dipilih untuk dilaksanakan, yang merujuk pada H.1  Baga imana a gar memberikan inspira si atau contoh teman sebaya, dan untuk sia pa (minimal 1 ora ng teman) d . Tempe lka n pa d a di n di ng , d an b e ri k e se mp at a n se t ia p p es er ta un tu k mempr esentasik annya I. Penugasan Tempelkan kertas masing-masin g dirumah. Mintalah saran anggota kelu arga, atau berbagilah inf ormasi dan ide ini kepada mereka. Evaluasi kembali b ersama dengan fasilitator da n teman lainnya apakah telah berhasil menjado contoh remaja sehat AKU ANALISA KOMPETENSI KESEHATAN REMAJA PMR MADYA Kompetensi Umum Kompetensi Khusus Kompetensi penduk ung • M emiliki pemahaman tentang Ger akan • M emiliki pemahaman tentang Pr insip Dasar Ger akan • M emiliki pemahaman tentang ketentuan Lambang • M emiliki pemahaman tentang Hukum Humaniter Inter nasional • M emiliki pemahaman tentang or ganisasi PM I dan keg iatannya • Dapat menjadi “peer suppor t” (member ikan dukungan kepada teman sebaya untuk melakukan per ubahan per ilaku hidup sehat) • M emiliki pemahaman tentang tumbuh kembang r emaja • M emiliki pemahaman tentang kesehatan r epr oduksi r emaja • M emiliki pemahaman tentang Infeksi M enular Seksual (IM S) • M emiliki pemahaman tentang Napza • M emiliki pemahaman tentang penc egahan HIV / AIDS • M emiliki pemahaman tentang per an PM R M adya dalam hal kesehatan r emaja • M emiliki p engetahuan tentang anti stigma dan diskr iminasi Odha/Ohida ANALISA TUJUAN BELAJAR KESEHATAN REMAJA PMR MADYA No. Tujuan Belajar Indik ator Materi 1. M emahami tumbuh kembang r emaja 2. M emahami kesehatan r epr oduksi r emaja • Dapat menjelaskan kar akter r emaja yang sehat fisik, mental, dan sosial untuk mendukung kualitas tumbuh kembang r emaja • Dapat menjelas kan per bedaan dan per samaan laki-laki dan per empuan (fi sik, mental, per an s osial) • Dapat menjelaskan kesehatan r epr oduksi r emaja • Dapat menjelaskan fungsi alat r epr oduksi • Dapat menjelaskan car a menjaga keber sihan or gan- or gan r epr oduksi • Tumbuh kembang r emaja • Kes ehat an r epr oduksi r emaja 3. M emahami Infeksi M enular Seksual • Dapat menjelas kan penger tian IM S • Dapat menjelas kan sebab IM S • Dapat menjelaskan dampak IM S • Dapat menjelaskan pencegahan IM S •IM S 259 No. Tujuan Belajar Indik ator Materi 4. Memah ami arti Napza • Dapat menjelaskan penger tian napza dan dampak penyalahgunaannya • Dapat menjelaskan jenis Napza ber dasar kan efek peng gunaannya •Napza 5. M emahami p encegahan HIV /AIDS • Dapat menjelaskan penger tian HIV /AIDS • Dapat menjelaskan penular an HIV /AIDS • Dapat menjelaskan pencegahan HIV /AIDS • Pencegahan HIV / AIDS 6. M emahami per an PM R M adya dibidang kesehatan r emaja • Dapat melaks anakan per an PM R Madya dibidang kesehatan r emaja • Peran PM R M adya dibidang kesehatan r emaja 260 KURIKULUM KESEHATAN REMAJA PMR MADYA Pok ok Bahasan Sub Pokok Bahasan Tujuan Pembelajaran Alok asi Wak tu Metodologi Media Sumber Belajar r emaja Kes ehat an r epr oduksi r emaja IM S Napza Kes ehat an r epr oduksi r emaja IM S Napza fisik, mental, dan sosi al untuk mendukung kualitas tumbuh kembang r emaja • Peser ta dapat menjelaskan per bedaan dan per samaan laki-lak i dan per empuan (fisik, mental, per an sosial) • Peser ta dapat menjelaskan alat r epr oduksi • Peser ta dapat menjelaskan tujuan kesehat an r epr oduksi • Peser ta dapat menjelaskan car a menjaga kesehatan or gan r epr oduksi • Peser ta dapat menjelaskan penger t ian IM S • Peser ta dapat menjelaskan sebab IM S • Peser ta dapat menjelaskan dampak IM S ter hadap r emaja • Peser ta dapat menjelaskan pencegahan IM S • Peser ta dapat menjelaskan penger tian napza dan penyalahg unaannya • Peser ta dapat menjelaskan jenis napza ber dasar kan efek peng gunaannya • Diskusi • Simulasi • Penugasan 2 x 45’ • Ceramah • Tanya jaw ab • Diskusi • Simulasi • Penugasan 2 x 45’ • Ceramah • Tanya jaw ab • Diskusi • Simulasi • Penugasan 2 x 45’ • Ceramah • Tanya jaw ab • Diskusi • Simulasi • Penugasan • Alat per aga •Flipchar t • Spidol • Alat per aga •Flipchar t • Spidol • Alat per aga •Flipchar t • Spidol • Alat per aga dan Kesej ahter aan Remaja Buku M anual Ger akan PM R Buku M anual Ger akan PM R Buku M anual Ger akan PM R Pok ok Bahasan Sub Pokok Bahasan Tujuan Pembelajaran Alok asi Wak tu Metodologi Media Sumber Belajar • Peser ta dapat menjelaskan penular an HIV /AIDS • Peser ta dapat menjelaskan pencegahan HIV /AIDS • Diskusi • Simulasi • Penugasan • Alat per aga dan Kesej ahter aan Remaja Per an PM R M adya dibidang kesehat an r emaja Peran PM R M adya dibidang kesehatan r emaja • Peser ta dapat meningkatkan pengetahuan, ketr ampilan, dan kesadar an untuk ter libat dalam kegiatan kesehatan r emaja • Peser ta dapat meningkatkan per annya dalam pr oses pengambilan k eputusan dan r espon ter hadap masalah- masalah kesehatan r emaja • Peser ta dapat member ikan dukungan kepad a teman sebaya untuk ber per ilaku hidup sehat 6 x 45’ • Ceramah • Tanya jaw ab • Diskusi • Simulasi • Penugasan •Flipchar t • Spidol • Alat per aga Buku M anual Ger akan PM R 16 x 45’ Tumbuh kembang remaja A . Pok ok Bahasan Tumbuh kemb ang rema ja B. Sub Pok ok Bahasan Tumbuh kemb ang rema ja C. Tujuan Pembelajaran 1. Pese rta d apat menye butka n kar akter remaja y ang s ehat fisik , men tal, dan sosial untuk mendukung kualitas tumbuh k embang remaja 2 . Peserta dapat menjelaskan perbedaan d an persamaan laki-laki d an perempuan (fisik, mental, peran sosial) D. Sasaran PMR Madya E. W ak tu 2 x 45 menit F. Metode Diskusi G. Media Alat tulis, flipchart H. Proses Pembelajaran 1. Pen gantar Fas ilitat or men ggali penget ahuan peser ta ten tang t umbuh kemban g rema ja, sehat fisik, men tal, dan sosial 2. Kegiatan Belajar a . Fas ilita tor memba gi pe sert a men jadi 2 ke lompo k yai tu k elomp ok la ki-laki dan per empuan b . Setia p kelompo k mendis kusikan, a.l.:  bagaimana agar kes ehatan fisik, mental, dan sosial d apat meningkatkan kualit as tumbuh kembang re maja?  apa p erbedaan dan per samaan r emaja la ki-laki dan pere mpuan se lama mas a tumbuh kemba ng?  apa peran remaja laki-laki dan perempuan selama mas a tumbuh kembang? Apakah berbeda at au sama? Mengapa? c. Setiap kelompok memaparkan hasildiskusinya, kemudian b uatlah kesepakatan I. Penugasan Kirimkan proses dan hasil diskusi ke majalah dinding sekolah Cari tahu, sekarang juga! A . Pok ok Bahasan Tumbuh kemb ang rema ja B. Sub Pok ok Bahasan Tumbuh kemb ang rema ja C. Tujuan Pembelajaran 1 . Peserta dapat menyebutkan karakter rema ja yang sehat fisik, menta l, dan sosial untuk me ndukung kualita s tumbuh kemban g remaja 2 . Peserta dapat menjelaskan perbedaan d an persamaan laki-laki d an perempuan (fisik, mental, peran sosial) D. Sasaran PMR Madya E. W ak tu 2 x 45 menit F. Metode Diskusi, tanya jawab, kunjungan ke layanan kesehatan /informasi remaja G. Media Alat tulis H. Proses Pembelajaran 1. Pengantar Fasilitator menjela skan kepada peserta bahwa akan mengun jungi pusat layanan kesehatan/informasi remaja (misal: PMI Cabang/puskesmas/PKBI /organisasi yang member ikan layana n informasi kesehatan r emaja) 2. Kegiatan Belajar a . Fasilitator memfas ilitasi peserta proses tanya jawab kepada nara sumber b . Arahkan pertanyaan yang terkait deng an tumbuh kembang remaja, kesehatan fisik, menta l, dan sosial, atau pera n remaja selama masa tu mbuh kembang c. Jika organisasi te rsebut juga mempunyai anggota remaj a, beri kesempatan kepada mereka untuk sa ling berbagi informasi I. Penugasan 1 . Tuangkan hasi l tanya jawab dalam bentuk artikel atau poster. Temp elkan diruang keluarga, ruang PMR, atau kirimkan ke majalah dinding sekolah 2 . Jalinlah kerja sama denga n orga nisas i ter sebut sehin gga d apat saling bela jar maupun terlibat dalam kegiatan bersama Aku berubah? A . Pok ok Bahasan Tumbuh kemb ang rema ja B. Sub Pok ok Bahasan Tumbuh kemb ang rema ja C. Tujuan Pembelajaran 1 . Peserta dapat menyebutkan karakter rema ja yang sehat fisik, menta l, dan sosial untuk me ndukung kualita s tumbuh kemban g remaja 2 . Peserta dapat menjelaskan perbedaan d an persamaan laki-laki d an perempuan (fisik, mental, peran sosial) D. Sasaran PMR Madya E. W ak tu 2 x 45 menit F. Metode Diskusi, t anya jawab G. Media Alat tulis H. Proses Pembelajaran 1. Pengantar Pert emuan ini di awali d engan permain an yan g meni ngkatka n sema ngat, atau terkait dengan per ilaku remaja sehat 2. Kegiatan Belajar a . Fasilitator membagikan kertas kepada s etiap peserta b . Set iap pe serta menuliskan peruba han a pa yan g tela h mer eka alami se jak lahir hingga saat i ni, pertumbuhan dan perkembangan yan g terjadi, hal-hal yang disuka dan tidak disuka dalam pro ses perubahan tersebut yang dikaitkan denga n tumbuh kembang r emaja c. Kemud ian kelomp okkan keda lam “fisik ”, “mental”, dan “so sial” d . Lanj utkan de ngan pe rtanyaan bagaimana pola hidup peserta sebelum dan setelah p erubahan terjadi? Apa dampaknya bag i kehidupan merek a sehari- hari? e . Fasilitator memint a beberapa, atau seluruh peserta memaparkan hasilnya f . Merujuk pada hasil t ersebut, diskusikan:  bagaimana perubaha n itu memban tu mereka menjadi lebih baik?  bagaimana mereka menyiapkan diri terhadap perubah an-perubahan itu?  bagaimana kira-ki ra dampak perubahan ini terhadap masa depan mereka? I. Penugasan Mintalah seti ap peserta untuk berbagi i nformasi tentang tumbuh k embang remaja kepada anggota keluarga dan teman sebaya, minimal 1 orang Catatan untuk fasilitator: Kemungkin an pe mbaha san di skusi akan berke mbang pada topik paca ran. Untuk itu dapat dibahas juga pacaran yang sehat Koran hari ini A . Pok ok Bahasan Kesehatan repr oduksi remaja B. Sub Pok ok Bahasan Kesehatan repr oduksi remaja C. Tujuan Pembelajaran 1 . Peserta dapat menjela skan alat reproduksi 2 . Peserta dapat menjelaskan tujuan kesehat an reproduksi 3 . Peserta dapat men jelaskan cara menjaga kesehatan organ reproduksi D. Sasaran PMR Madya E. W ak tu 2 x 45 menit F. Metode Diskusi, presentasi G. Media Alat tulis, flipc hart, alat gambar H. Penugasan Peserta mendap atkan tugas mencari informasi terkait kesehatan repr oduksi remaja, serta mengump ulkan bahan-bahannya, misa l dari internet, guntingan majalah, dll I. Proses Pembelajaran 1. Pen gantar Peserta menggali p engetahuan peserta tentang kesehatan reproduksi remaja 2. Kegiatan Belajar a . Fasilitator membag i peserta menjadi beberapa kelompo k, beranggotakan 5 – 7 orang b . Setiap kelompok me ndapatkan tugas membuat koran deng an tema kesehatan reproduksi remaja, menggunakan bahan-bahan yang telah diperoleh sebagai referensi c. Setiap kelompok bebas menentukan sub tema d . Kemudia n setiap kelompok mempres entasikan kor annya masing -masing e . Kelompok yang tidak presentasi dapat bertanya, melengka pi informasi, atau memberi masukan te ntang tata letak, kesesuaian tema/s ub tema dengan isi berita J. Penugasan Sempurnakan k oran masing-masing, dan ki rimkan ke majalah dinding sekolah, PMI Cabang, atau sele nggarakan pameran Kesehatan Reproduksi A . Pok ok Bahasan Kesehatan repr oduksi remaja B. Sub Pok ok Bahasan Kesehatan repr oduksi remaja C. Tujuan Pembelajaran 1 . Peserta dapat menjela skan alat reproduksi 2 . Peserta dapat menjelaskan tujuan kesehat an reproduksi 3 . Peserta dapat men jelaskan cara menjaga kesehatan organ reproduksi D. Sasaran PMR Madya E. W ak tu 2 x 45 menit F. Metode Diskusi, presentasi G. Media Alat tulis, flipchart, gambar alat reproduksi H. Proses Pembelajaran 1. Pen gantar Fasilitator menunju kkan gambar alat reproduksi pria dan wanita. Untuk budaya tertentu, peserta d apat dibagi menjadi 2 kelompok laki- laki dan perempuan 2. Kegiatan Belajar a . Fasilitator meminta perwakilan peserta untuk menjelaska n bagian dan fungsi alat tersebut b . Fasilitator mengga li pengetahuan peserta apakah perlu menjaga kesehatan alat reprodu ksi? Mengapa dan bagaimana caranya? c. Tulis hasil disku si pada flipchart I. Penugasan Peserta membu at kalender pribadi yang d ilengkapi dengan pesan-pe san kesehatan reproduks i remaja Kuis IMS A . Pok ok Bahasan I MS B. Sub Pok ok Bahasan I MS C. Tujuan Pembelajaran 1 . Peserta dapat menjelaskan pengertian I MS 2 . Peserta dapat menj elaskan sebab I MS 3 . Peserta dapat menjelaskan dampak I MS te rhadap remaja 4 . Peserta dapat menjelaskan pencegahan I MS D. Sasaran PMR Madya E. W ak tu 2 x 45 menit F. Metode Diskusi, simulasi G. Media Bola, kartu be risi pertanyaan betul-sala h terkait I MS H. Proses Pembelajaran 1. Pen gantar Fasilitator men ggali pengetahuan peserta tent ang akronim I MS 2. Kegiatan Belajar a . Fa si lit at or me mba gi pe ser ta me nj adi 4 ke lo mpo k, da n s et iap k elo mp ok menempati sudut ru angan yang berbeda b . Fasilitator menemp atkan keranjang berisi kartu-kartu p ertanyaan ditengah ruangan c. Set ia p k elomp ok s e ca ra be rg an t ia n a ka n me n ga mb i l ka r tu t er s eb ut , membacakan, dan menjawabnya betul atau salah d . Jika kelompok itu dapat menjawab dengan tepat, maka mendapatkan nilai 1 e . Ji ka d apa t me mbe rika n p enje las an t amb aha n, maka nilain ya d ita mbah 2 poin f . Jika ti dak dapat me njawab, maka dilimpahkan k epada kelomp ok lain g . Tujuan kuis ini tid ak hanya bisa menjawab betul atau sa lah, tetapi peserta dapat menjelaskan i nformasi terkait lainnya, kemudian d icapai kesepakatan I. Penugasan Peserta membuat kliping tentang I MS Contoh pertanyaan: 1. Kita ak an tahu jik a s eseorang terk ena IMS 2. HIV /A IDS adalah sa lah satu jenis IMS 3. W anita hamil y ang te rk enal I MS dapat menular k an k epa da bay i y ang dik andungny a 4. Kita dapat mengobati sendiri IMS, ta npa perlu bantuan petugas k esehatan 5. Jik a k ita berperila k u hidup bersih dan sehat, k ita tida k ak an terk ena IMS Kartu pos berseri A . Pok ok Bahasan I MS B. Sub Pok ok Bahasan I MS C. Tujuan Pembelajaran 1 . Peserta dapat menjelaskan pengertian I MS 2 . Peserta dapat menj elaskan sebab I MS 3 . Peserta dapat menjelaskan dampak I MS te rhadap remaja 4 . Peserta dapat menjelaskan pencegahan I MS D. Sasaran PMR Madya E. W ak tu 2 x 45 menit F. Metode Diskusi, simulasi G. Media Alat tulis, fli pchart, alat gambar, kartu seu kuran kartu pos H. Proses Pembelajaran 1. Pengantar Fasilitator menggali pengetahuan peserta tentang penger tian dan sebab I MS 2. Kegiatan Belajar a . Fasilitator me mbagi kartu-kartu kepada s eluruh peserta b . Peserta secara ber kelompok membuat kartu pos berseri tentang I MS (lihat tujuan pembelajara n sebagai rujukan) c. Fasilitator memi nta beberapa peserta untuk memaparkan hasilnya d . Diskusikan bersama isi pesan, dan sempurnakan I. Penugasan Perbanyak kartu pos , dan bagikan kepada teman-teman ata u anggota keluarga Pesan-pesan A . Pok ok Bahasan Napza B. Sub Pok ok Bahasan Napza C. Tujuan Pembelajaran 1 . Peserta dapat me njelaskan pengertian napza dan p enyalahgunaannya 2 . Peserta dapat men jelaskan jenis napza berdasarkan e fek penggunaannya D. Sasaran PMR Madya E. W ak tu 2 x 45 menit F. Metode Diskusi, cur ah pendapat G. Media Alat tulis, flipc hart, alat gambar H. Proses Pembelajaran 1. Pen gantar a . Fasilitator menanyakan kepada peserta pengertian napza, dan jenis-jenisnya b . Fasi litator menjelaskan b ahwa se luruh i nformas i yang mereka miliki akan digunakan saa t merancang pesan-pesan tentang napza 2. Kegiatan Belajar a . Fasilitator membag i peserta menjadi beberapa kelompo k, beranggotakan 4 – 6 orang b . Setiap kelompok membuat daftar tentang pesan-pesan terk ait napza, beserta sumb ernya. Misal: “hindar i narko ba sek arang j uga” su mber ik lan TV, “no smoking” sumbe r iklan koran c. Tempelkan seluruh daftar pa da dinding ruang pelatihan, atau te mpat yang mudah terlihat oleh peserta d . Fasilitator dan pe serta mengelompokkan pesan-pesan ya ng memotivasi, dan yang tidak memotivasi e . Diskusikan mengapa pesan tersebut dapat memotivasi da n tidak memotivasi f . Berdasarkan kegiatan H.1, tambahkan atau buatlah pesan-pesan baru sehingga yang awalnya ti dak memotivasi menjadi pesan yang memotivasi g . Evalu asi kemb ali isi pesan, d an jika perlu be rkonsult asi deng an para nara sumber I. Penugasan Berba gilah de ngan remaja lain nya sehi ngga mer eka juga mendapa tkan duk ungan informasi te ntang napza Menjadi apa? A . Pok ok Bahasan Napza B. Sub Pok ok Bahasan Napza C. Tujuan Pembelajaran 1 . Peserta dapat me njelaskan pengertian napza dan p enyalahgunaannya 2 . Peserta dapat men jelaskan jenis napza berdasarkan e fek penggunaannya D. Sasaran PMR Madya E. W ak tu 2 x 45 menit F. Metode Diskusi, cur ah pendapat G. Media Alat tulis, flipchart, gambar atau artike l tentang tokoh yang perna h mengkonsumsi napza H. Proses Pembelajaran 1. Pen gantar Fas ilit ator men anyak an k epad a pe serta apa kah ada yang pern ah melih at, me nd e n g ar o r an g la i n me n g k on s u msi n a pz a , at a u b a h k an p e rn a h men gkons umsin ya? 2. Kegiatan Belajar a . Fasilitator menunj ukkan gambar-gambar, atau membacak an artikeltentang tokoh yang pernah mengkonsumsi napza b . Kemud ian diskus ikan:  meng apa me reka me mutuska n meng konsums i nark oba?  apa dampak ba gi mereka dan lingkungan sekitarnya?  belajar dari pengalaman mereka, apa ke putusan kita? I. Penugasan Tulis keputusa n yang telah dibuat pada bu ku masing-masing. Evaluasi secara berkala keputusan tersebut Tahukah kamu? A . Pok ok Bahasan HI V/AI DS B. Sub Pok ok Bahasan Pencegahan HI V/AI DS C. Tujuan Pembelajaran 1 . Peserta dapat menjelask an pengertian HI V/AI DS 2 . Peserta dapat menjelas kan penularan HI V/AI DS 3 . Peserta dapat menjelask an pencegahan HI V/AI DS D. Sasaran PMR Madya E. W ak tu 2 x 45 menit F. Metode Diskusi, cur ah pendapat G. Media Alat tulis, fli pchart, cermin H. Proses Pembelajaran 1. Pen gantar Fasilitator menggali pengetahuan peserta terkait HI V/AI D S. Sepakati bersama pengertian HI V/AI DS 2. Kegiatan Belajar a . Fasilitator meminta setiap peserta untuk bercermin, dan mengamati ciri-ciri fisi k masi ng-mas ing b . Kemudian ajukan pe rtanyaan apakah peserta tahu bahwa salah seorang atau beberapa dari kita terkena HI V/AI DS? c. Lanjutkan dengan p ertanyaan bagaimana kita mengetahu i bahwa seseorang terkena HI V/AI DS? Ap akah dapat dicegah? d . Kemu di an ba h as te n ta ng pe n ula ra n d an pe n ce ga h an HI V /AI DS. Aga r pembahasan lebih mudah dipahami, fasilitator dapat menggunakan gambar- gambar terkait I. Penugasan Secara berkelompok buatlah komik tentan g pengertian, penularan, d an pencegahan HI V/AI DS. Perba nyak dan bagikan kepada tema n-teman sekolah Stop, think, and go… A . Pok ok Bahasan HI V/AI DS B. Sub Pok ok Bahasan Pencegahan HI V/AI DS C. Tujuan Pembelajaran 1 . Peserta dapat menjelask an pengertian HI V/AI DS 2 . Peserta dapat menjelas kan penularan HI V/AI DS 3 . Peserta dapat menjelask an pencegahan HI V/AI DS D. Sasaran PMR Madya E. W ak tu 2 x 45 menit F. Metode Diskusi, simulasi G. Media Alat tulis, ka rtu me rah be rtu lis kan STO P, kun ing be rtu lis kan THI NK, d an hij au bertuliskan GO H. Proses Pembelajaran 1. Pen gantar a . Fasi litator menjelaskan k epada p eserta bahwa STOP ber arti re siko ti nggi penularan HI V /AI DS, THI NK artin ya resik o sedang, dan GO b erarti r esiko rendah atau ti dak menularkan b . Fasilitator memasang kartu-kartu tersebut pad a sudut ruangan 2. Kegiatan Belajar a . Fasilitator memba cakan pertanyaan b . Pada setiap pertan yaan, peserta harus menentukan apa kah akan menempati sudut STOP, THI NK, atau GO c. Apapun pilihan me reka, diskuskan:  mengapa bere siko tinggi?  bagaimana menceg ahnya? d . Lanjutkan de ngan kesepakatan pengert ian HI V/AI DS I. Penugasan Jika ada pesert a yang be rminat dib idang fot ografi, mi ntalah ya ng bersang kutan untuk mendok umentasikan proses ini . Kemudian kirimkan ke majalah PMI Contoh pe rtanyaan: Perilaku 1. Setia pa da pasangan 2. Meng gunakan toilet umum 3. Berciuman 4. Berjabat tangan d engan penderita HI V 5. Digigi t nyamuk 6. M inum minuman beralkoho 7. Bertukar jarum suntik 8. Bertukar ala t pemotong kuku 9. Mendono rkan darah 10. Memakan ma kanan yang disiapkan oleh penderita HI V 11. ... 12. ... 13. ... 14. ... 15. ... 16. ... Dukungan untuk teman A . Pok ok Bahasan Peran PMR Madya dibid ang kesehatan remaja B. Sub Pok ok Bahasan Peran PMR Madya dibid ang kesehatan remaja C. Tujuan Pembelajaran 1 . Peserta dapa t meningkatkan pengetahu an, ketrampilan, dan kes adaran untuk terlibat dalam kegia tan kesehatan remaja 2 . Peserta dapat menin gkatkan perannya dalam proses pengambilan keputusan dan respon terha dap masalah-masalah kese hatan remaja 3 . Peserta d apat memberikan du kungan kepada teman sebaya untuk be rperilaku hidup sehat D. Sasaran PMR Madya E. W ak tu 6 x 45 menit F. Metode Diskusi G. Media Alat tulis, flipchart H. Proses Pembelajaran 1. Pen gantar Fas ilita tor mengu las k embali ha sil p embah asan kara kter PMR M adya seba gai peer support 2. Kegiatan Belajar a . Fasilitator membag i peserta menjadi beberapa kelompo k, beranggotakan 4 – 6 orang b . Setiap kelompok me nentukan 1 masalah utama kesehatan r emaja yang terjadi di sekolah c. Diskusika n bersama bagaimana cara memberik an dukungan kepa da teman- teman disekolah untuk mengurangi masa lah tersebut I. Penugasan Berdasarkan ha silH.2.c, terapkan kepada minimal 1 orang teman. Evaluasilah secara berkala Kartu peer support A . Pok ok Bahasan Peran PMR Madya dibid ang kesehatan remaja B. Sub Pok ok Bahasan Peran PMR Madya dibid ang kesehatan remaja C. Tujuan Pembelajaran 1 . Peserta dapa t meningkatkan pengetahu an, ketrampilan, dan kes adaran untuk terlibat dalam kegia tan kesehatan remaja 2 . Peserta dapat menin gkatkan perannya dalam proses pengambilan keputusan dan respon terha dap masalah-masalah kese hatan remaja 3 . Peserta d apat memberikan du kungan kepada teman sebaya untuk be rperilaku hidup sehat D. Sasaran PMR Madya E. W ak tu 6 x 45 menit F. Metode Diskusi, presentas i, curah pendapat G. Media Kantong atau keranjang, kartu-kartu situasi/masalah kesehatan yang dihadapi remaja (misal: ditawar i rokok, mengembangkan hobby, bolos sekolah, dll) alat t ulis, flipchart H. Proses Pembelajaran 1. Pen gantar Fasilitator mengawa li pertemuan dengan permainan yang menimbulkan semangat 2. Kegiatan Belajar a . Peserta memben tuk lingkaran b . Ka nton g at au k eran jang ber isi kart u masalah k eseh atan remaja bera da ditengah lingkaran c. Fasilitator meminta setiap peserta meng ambil 1 kartu d . Berdasarkan kartu y ang telah dipilih, setiap peserta me ngusulkan cara-cara memberikan dukunga n kepada teman sebaya untuk berper ilaku hidup sehat e . Beri kesempatan kepada peserta untuk mengemuk akan ide-idenya f . Kemud ian diskus ikan:  apakah ada ide yan g sejenis? maka kelompokkanlah ide -ide yang sejenis  apakah setiap da mpak satu ide berhubungan deng an ide lainnya?  mengapa kita memberikan dukungan kepada teman sebaya? I. Penugasan Setiap peserta merencanakan melaksanakan ide-ide yang telah disepa kati. Lakukan evaluasi secara berkala ANALISA KOMPETENSI KESEHATAN REMAJA PMR WIRA Kompetensi Umum Kompetensi Khusus Kompetensi penduk ung ANALISA TUJUAN BELAJAR KESEHATAN REMAJA PMR WIRA No. Tujuan Belajar Indik ator Materi 1. M emahami tumbuh kembang r emaja 2. M emahami kesehatan r epr oduksi r emaja • Dapat mengidentifikasi kar akter r emaja yang sehat fisik, mental, dan sosial untuk mendukung kualitas tumbuh kembang r emaja • Dapat mengi dentifikasi per bedaan dan p er samaan laki- laki dan per empuan (fisik, mental, per an sosial) • Dapat menjelas kan kesehatan r epr oduksi r emaja • Dapat mengi dentifikasi fungsi alat r epr oduksi • Dapat mengidentifikasi car a menjaga keber sihan or gan- or gan r epr oduksi • Tumbuh kembang r emaja • Kes ehat an r epr oduksi 3. M emahami Infeksi M enular Seksual • Dapat mengi dentifikasi penger t ian IM S • Dapat mengidentifikasi sebab IM S • Dapat mengi dentifikasi dampak IM S • Dapat mengi dentifikasi pencegahan IM S • IM S 281 No. Tujuan Belajar Indik ator Materi 4. Memah ami arti Napza • Dapat mengi dentifikasi penger tian nap za dan dampak penyalahgunaannya • Dapat mengidentifikasi jenis napza ber dasar kan efek peng gunaannya •Napza 5. • M ener apkan pencegahan HIV /AIDS • M ener apk an anti stigma dan diskr iminasi ter hadap Odha/Ohida • Dapat mengi dentifikasi penger tian HIV /AIDS • Dapat mengi dentifikasi penular an HIV /AIDS • Dapat mengi dentifikasi pencegahan HIV /AIDS • Dapat mengi dentifikasi tujuan anti stigma dan diskr iminasi ter hadap Odha/ Ohida • Dapat mengi dentifikasi kegiatan ant i stigma dan deskr iminasi t er hadap Odha/ Ohida • Pencegahan HIV / AIDS • Anti sti gma dan diskr i minasi ter hadap Odha/ Ohida 6. M ener apkanper an PM R Wir a dibidang kesehatan r emaja • Dapat melaks anakan per an PM R Wir a dibid ang kesehatan r emaja • Per an PM R Wir a dibidang kesehatan r emaja 282 KURIKULUM KESEHATAN REMAJA PMR WIRA Pok ok Bahasan Sub Pokok Bahasan Tujuan Pembelajaran Alok asi Wak tu Metodologi Media Sumber Belajar Tumbuh kemb ang r emaja Kes ehat an r epr oduksi r emaja IM S Tumbuh kembang r emaja Kes ehat an r epr oduksi r emaja IM S • Peser ta dapat mengidentifik asi kar akter r emaja yang sehat fisik, mental, dan sosial untuk mendukung kualitas tumbuh kembang r emaja • Peser ta dapat mengidentifik asi per bedaan dan per samaan laki-laki dan per empuan (fi sik, mental, per an s osial) • Peser ta dapat mengidentifikasi fungsi alat r epr oduksi • Peser ta dapat mengidentifikasi tujuan kesehat an r epr oduksi • Peser ta dapat mengidentifikasi car a menjaga k esehatan or gan r epr oduksi • Peser ta dapat mengidentifikasi penger t ian IM S • Peser ta dapat mengidentifikasi sebab IM S • Peser ta dapat mengidentifikasi dampak IM S ter hadap r emaja • Peser ta dapat mengidentifikasi pencegahan IM S 2 x 45’ • Cer amah • Tanya jawab • Diskusi • Simulasi • Penugasan 2 x 45’ • Cer amah • Tanya jawab • Diskusi • Simulasi • Penugasan 2 x 45’ • Cer amah • Tanya jawab • Diskusi • Simulasi • Penugasan •Flipchar t • Spidol • Alat per aga •Flipchar t • Spidol • Alat per aga •Flipchar t • Spidol • Alat per aga Buku PRS PM I bidang K esehatan dan Kesej ahter aan Remaja Buku PRS PM I bidang K esehatan dan Kesej ahter aan Remaja Buku PRS PM I bidang K esehatan dan Kesej ahter aan Remaja Napza Napza • Peser ta dapat mengidentifikasi penger tian napza dan penyalahg unaannya • Peser ta d apat mengidentifik asi jenis napza ber dasar kan efek peng gunaannya 2 x 45’ • Cer amah • Tanya jawab • Diskusi • Simulasi • Penugasan •Flipchar t • Spidol • Alat per aga Buku PRS PM I bidang K esehatan dan Kesej ahter aan Remaja HIV /AIDS • Penyebab HIV / AIDS • Pencegahan HIV /AIDS • Anti s tigma dan diskr i minasi • Peser ta dapat mengidentifikasi penger tian HIV /AIDS • Peser ta dapat mengidentifikasi penular an HIV /AIDS • Peser ta dapat mengidentifikasi pencegahan HIV /AIDS • Peser ta dapat mengidentifikasi tujuan anti stigma dan diskr iminasi ter hadap Odha/Ohida • Peser ta dapat mengidentifikasi kegiatan anti stigma dan des kr iminasi ter hadap Odha/Ohida 4 x 45’ • Cer amah • Tanya jawab • Diskusi • Simulasi • Penugasan •Flipchar t • Spidol • Alat per aga Buku PRS PM I bidang K esehatan dan Kesej ahter aan Remaja Per an PM R Per an PM R Wir a • Peser ta dapat meningkatkan pengetahuan, ketr ampilan, dan kesadar an untuk ter libat dalam kegiatan kesehatan r emaja • Peser ta d apat meningkatkan per annya dalam pr oses pengambilan keputusan dan r espon ter hadap masalah kesehatan r emaja • Peser ta dapat meningkatkan keter libat an teman sebaya dalam pr oses pengambi lan keputusan dan r espon ter hadap masalah kesehatan r emaja • Peser ta dapat menjadi pendidik r emaja sebaya untuk ber per ilaku hi dup sehat 8 x 45’ • Cer amah • Tanya jawab • Diskusi • Simulasi • Penugasan •Flipchar t • Spidol • Alat per aga Buku PRS PM I bidang K esehatan dan Kesej ahter aan Remaja 20 x 45’ Cermin-cermin didinding A . Pok ok Bahasan Tumbuh kemb ang rema ja B. Sub Pok ok Bahasan Tumbuh kemb ang rema ja C. Tujuan Pembelajaran 1 . Peserta dapat mengi dentifikasi karakter remaja yang sehat fisik, mental, dan sosial untuk mendukung kualitas tumbuh k embang remaja 2 . Peserta dapat mengidentifikasi perbedaan dan persamaan laki-laki dan perempuan (fisik, mental, peran sosial) D. Sasaran PMR Wira E. W ak tu 2 x 45 menit F. Metode Diskusi, simulasi G. Media Alat tulis, flipchart , cermin, alat gambar H. Proses Pembelajaran 1. Pen gantar a . Fasilitator meminta peserta untuk bercermin, dan mengama ti cirri-ciri fisik ma sin g-masi ng b . Fasi litator mendisku sikan d engan pe serta pe rbedaan dan per samaan f isik remaj a laki-lak i dan per empuan, d an tumbuh kembang r emaja c. Tulis kesepakatan di skusi pada flipchart 2. Kegiatan Belajar a . Fasilitator membagikan kertas kepada se luruh peserta b . Setiap peserta me mbuat cermin sosial dan cermin sej ati, dengan cara:  fasilitator men gajak peserta untuk melakuka n refleksi diri  pada cermin sosial, tulislah cara orang lain (orang-or ang terdekat kita, tema n, guru, dll) me mandang kita  pada cermin sejati , tuliskan bagaimana diri kita sesun gguhnya, diri kita yang terbaik da n potensi kita  seka rang lihatla h kedu a daft ar itu , dan tanyak an kep ada di ri sen diri dicermin mana kit a memandang diri kita, dan itu men jadi pilihan kita  ke mu dia n j elask an ba hwa j ika ki ta se per ti se ba gia n b es ar remaj a, gambaran diri kita lebih bera sal d ari c ermin sosi al, bu kanny a cer min sejati. Dengan kat a lain pendapat tentang kita diban gun dari pendapat orang lain. Dalam sebagian kasus, orang lain mungkin sudah melihat sisi diri kita yang ter baik sehingga memandang cermin sos ial pada dasarnya s a ma d en g a n me ma nd a n g c e r mi n s ej a t i. Ka la u mema n g b e g it u , berun tunglah ki ta! Akan tetapi dalam sebagi an besar kasus, pen dapat kita tentang diri k ita sendiri berasal dari terlalu ban yak pendapat orang lain tentang kita, dan terlalu sedikit jati diri kita yang sesungguhnya c. Sete lah men getahui gambar an tent ang di ri kita , peser ta menc ari tah u di kotak mana akan menempa tkan diri, dengan cara:  peserta membuat diagram karakter dan kecakapan  tentuk an gambaran tentang di ri kita, ya ng menurut kita paling tepat dengan menggunak an cermin sosial dan sejati se bagai referensi  tentukan pada kota k mana kita berada d . Kemudi an diskusi kan dalam kelompok b esar:  den gan ka rakter, keca kapan, dan g ambar an cer min di ri kit a, apa kah kita s iap melewat i masa tumbu h kembang r emaja?  bagaimana agar kit a menjadi lebih berkualitas selama dan setelah masa tumbuh k emba ng? e . Ce rmi n d an dia gra m i ni unt uk men ge tah ui bag aimana ki ta selama ma sa tumbu h kembang remaja, d an menent ukan kepu tusan apa yang akan kita ambil agar berhasil melewati masa itu sehingga menjadi remaja yang sehat, dan berkarakter I. Penugasan Laku kan ke giatan ini b ersama denga n tema n-tema n, adi k, ata u kaka k sehi ngga memb antu mer eka untu k mengua tkan kua litas me reka, da n juga a kan meng asah ketrampilan pe serta cara-cara menfasilit asi proses pembelajaran da n sebagai peer educator Cermin Sosial  C ar a or ang lai n memand ang mu  Uc apan/p eni lai an or ang lain tentangmu  D i land ask an pad a p er b and i ng an d eng an or ang lain  Ber sifat ekster nal  Bagaimana kamu har i ini Cermin Sejati  Bayangan dir imu sendir i  Dir imu yang sesungguhnya  Dilandaskan pada potensi dir imu yang ter baik  Ber sifat inter nal  Ber asal dar i hati nur ani dan kesadar an dir imu  Potensimu Cermin Sosial  Ber bakat  Pember ani  Ang kuh  Tidak popular  Gendut  …  …  … Cermin Sejati  Per csya dir i  Supel  Cerdas  Kreatif  …  … KA RAKTER K Rendah Tinggi C A Tinggi Orang y ang suk a K menyia-ny iak an A Karak teristik P  Berbakat A N  A rogan  Egois Para bintang Karak teristik  Pe mimp in  Jujur  Pemberani Rendah Pemalas Karakteristik  Pemalas  Tidak jujur  Neg atif Orang yang berpotensi tingg i Karakteristik  Mantap  Jujur  Kurang keberanian dan inisi atif Keputusan jalur tinggi A . Pok ok Bahasan Tumbuh kemb ang rema ja B. Sub Pok ok Bahasan Tumbuh kemb ang rema ja C. Tujuan Pembelajaran 1 . Peserta dapat mengi dentifikasi karakter remaja yang sehat fisik, mental, dan sosial untuk mendukung kualitas tumbuh k embang remaja 2 . Peserta dapat mengidentifikasi perbedaan dan persamaan laki-laki dan perempuan (fisik, mental, peran sosial) D. Sasaran PMR Wira E. W ak tu 2 x 45 menit F. Metode Diskusi, cur ah pendapat G. Media Alat tulis, flipc hart, alat gambar H. Proses Pembelajaran 1. Pen gantar Fa sili tato r me ngga li p eng etah un p eser ta t enta ng tumb uh k emba ng r emaj a, perbedaan dan persamaan remaja laki-laki dan perempuan dalam half isik, mental, dan peran sosial 2. Kegiatan Belajar a . Fasilitator bersama dengan peserta mengidentifikasi ma salah-masalah yang munc ul pada masa tu mbuh ke mbang r emaja. Arahkan pembaha san min imal pada topik-to pik yang ada diku rikulum k esehatan remaja P MR Wira yaitu tumb uh kembang r emaja, keseh atan r eprodu ksi re maja, napza, I MS, dan HI V/AI DS. Namun fa silitator tetap membuka peluang ke pada peserta untuk menentukan masalah kesehatan lainnya b . Kemu dian p eserta mendi skusik an kep utusan apa y ang ak an dia mbil u ntuk meningkatkan kualit as kesehatan remaja c. Seluruh peserta membuat kesepakatan prioritas keputusan yang akan diambil d . Jela skan b ahwa re maja ya ng ber hasil melawat i masa tumbuh kemban gnya dengan cara yang se hat karena mempunyai nilai diri yang sehat, yang berasal dari karakter, kecakapan, dan pilihan yang cerdas I. Penugasan Lakukan keputusan-keputusan tersebut baik untuk diri sendiri maupun mempengaruhi lingkungan seki tar agar sehat Contoh Masalah kese hatan remaja Keputusan j alur tinggi Bagaimana ke putusan itu meningkatka n kualitas kesehatan remaja Perubahan fisik dan emo sion al Kesehatan reproduksi I MS Napza HI V/AI DS Pergaulan . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . Menjadi sahabat  Akan lebih mudah mend apat t eman  Te man- temanmu ak an memancing s isi terbaik dar imu Hubungan de ngan orang tua Berkencan Menghindari kecanduan Tentang sekolah Bergaul de ngan baik dengan oran g tua kita . . . . . . . . . . . .  Akan lebih baik secara fisik  Kita a kan mengend alikan hidup kita . . . . . . Hal yang selalu ingin kuketahui, tapi aku takut menanyakannya A . Pok ok Bahasan Kesehatan repr oduksi remaja B. Sub Pok ok Bahasan Kesehatan repr oduksi remaja C. Tujuan Pembelajaran 1 . Peserta dapat mengidentifikasi fungsi alat reproduksi 2 . Peserta dapat mengidentifikasi tujuan keseh atan reproduksi 3 . Peserta dapat meng identifikasi cara menjaga kesehata n organ reproduksi D. Sasaran PMR Wira E. W ak tu 2 x 45 menit F. Metode Diskusi, cur ah pendapat G. Media Alat tulis, flipchart H. Proses Pembelajaran 1. Pen gantar Fasilitator menggali pengetahuan pesert a terkait kesehatan repro duksi remaja. Pa da tah ap ini da pa t j uga di awa li den gan pe mah ama n a la t d an fun gsi alat reproduk si selama masa tumbuh kemban g remaja 2. Kegiatan Belajar a . Fasilitator meminta peserta menuliskan sebanyak mungkin hal-hal yang ingin diketahui tenta ng seks tapi takut/malu untu k menanyakannya b . Kumpu lkan daf tar perta nyaan te rsebut, d an bagik an kembali secara acak kepada peserta c. Ba ha s per ta ny aa n-p er ta nya an i tu , d an b eri k eb eb asa n pe ser ta u nt uk member ikan penjela san, ide, p endapat, ja waban tanpa membuat pen ilaian salah atau betul d . Kemudian tanyakan kepada peserta apakah selama proses tadi mereka merasa malu atau takut? M engapa? Mungkin sebagian peserta masih merasa takut/ malu karena be berapa a lasan (ta bu, dimar ahin oran g tua, d ll), seme ntara pese rta la innya mulai berkur ang ra sa tak ut/malu kare na mer asa ny aman berdiskusi dengan teman sebaya, mendapat kesempatan memperdalam topik bahasan, merasa be bas berbicara, dll e . Dalam pr oses ini b ukanlah ja waban betu l ata u salah, t etapi lebi h kep ada memberikan akses d an rasa percaya diri kepada peserta pada saat membahas kesehatan reproduksi f . Pros es sela njutny a adala h menda tangka n, atau mengun jungi nara su mber sehingga peserta a kan mendapatkan informasi yang tepa t untuk menentukan sikap hid up sehat g . Fasilitator j uga perlu menggali informa si dari peserta siapa ora ng-orang yang terdekat dan merek a percayai untuk berbagi informasi tentang kesehatan reproduksi. Arahka n kepada peserta untuk mencari sumber informasi yang tepat karena men entukan proses pengambilan keput usan yang cerdas h . Pros es ini dapat juga d igunak an untu k memf asilit asi pro ses pe mbelaj aran topik I MS I. Penugasan I de kencan mu rah dan seru  Membakar ikan be rsama-sama, dan mengantarkanny a ke rumah nenek  Menonton pertandingan sepak bola keponanakan  Pinjamlah te leskop, dan amati bint ang-bintang  …  …  … Temukan ide-ide ken can yang murah dan seru. Ajak teman- teman untuk berbagi ide, atau t emukan di www.6deci sions.com Ide kencan mur ah dan ser u  M embakar ikan ber sama-s ama, dan mengantar kannya ke r umah nenek  M enonton per tandingan sepak bola keponanak an  Pinjamlah teles kop, dan amati bintang- bintang  …  …  … Hal yang sel alu i ngi n aku ketahui tentang seks, tapi aku malu/takut men anya kann ya 1. Benar atau salah. Mayori tas besar si sw a SMU sudah berhu bungan seks 2. Seti ap tahun, satu dari … remaja yang secara s eksual akti f terja ngki t IMS 3. Seorang per empuan bi sa hami l saa t pertama kali berhu bungan seks 4. … 5. … 6. … 7. … 8. … 9. … 10. Kesehatan reproduksi remaja A . Pok ok Bahasan Kesehatan repr oduksi remaja B. Sub Pok ok Bahasan Kesehatan repr oduksi remaja C. Tujuan Pembelajaran 1 . Peserta dapat mengidentifikasi fungsi alat reproduksi 2 . Peserta dapat mengidentifikasi tujuan keseh atan reproduksi 3 . Peserta dapat meng identifikasi cara menjaga kesehata n organ reproduksi D. Sasaran PMR Wira E. W ak tu 2 x 45 menit F. Metode Diskusi, cur ah pendapat G. Media Alat tulis, flipchart H. Pembelajaran 1. Pen gantar Fasilitator memba has secara singkat alat reproduk si dan fungsinya 2. Kegiatan Belajar a . Fa sili tato r me nany akan kep ada pese rta per luny a me nget ahui kes ehat an reproduksi bagi remaja b . Lanjutkan pada per tanyaan apa peran remaja laki-laki d an perempuan dalam menjaga keseha tan reproduksi c. Tulis hasil kesepakatan diskusi pada flipchart I. Penugasan 1 . Pe se rt a me ra nc an g ke gi at an y an g be rt uj ua n me ny eb ar lu as ka n in fo rmas i pentingnya kese hatan reproduksi remaja kepa da teman sebaya 2 . Peserta melakuka n langkah-langkah kesehatan re produksi remaja Langkah kesehatan r eproduksi (contoh) 1 . Rencanakan kencan ya ng cerdas dan sehat 2 . Kalau sahabatmu t erlibat dalam hubungan yang menya kitkan, pinjamkan bukumu tentang “b erkencan yang cerdas”. Bersikaplah memberi dukungan 3 . tontonlah film “A walk to remember”. Saat menontonny a, tanyakan kepada dirimu sendiri s tandard apa yang ingin dijadikan pegangan hidup? 4 . tuliskan 4 alasan yang mentap mengapa kamu ingin menunda hubungan seks hingg a setelah menikah_ __ _ __ _ __ _ __ __ _ __ _ __ _ __ _ __ _ 7 . . . . 8 . . . . 9 . . . . 10 .. . . Kampanye A . Pok ok Bahasan I MS B. Sub Pok ok Bahasan I MS C. Tujuan Pembelajaran 1 . Peserta dapat mengident ifikasi pengertian I MS 2 . Peserta dapat mengid entifikasi sebab I MS 3 . Peserta dapat mengidentifikasi dampak I MS t erhadap remaja 4 . Peserta dapat mengident ifikasi pencegahan I MS D. Sasaran PMR Wira E. W ak tu 2 x 45 menit F. Metode Diskusi G. Media Alat tulis, flipchar t, gambar jenis I MS H. Proses Pembelajaran 1. Pen gantar Fasilitator menujuk kan gambar-gambar I MS, dan menggali pengetahuan peserta terkait I MS 2. Kegiatan Belajar a . Fasilitator membag i peserta menjadi beberapa kelompo k, beranggotakan 4 – 6 orang b . Berdasarkan gambar -gambar tersebut, setiap kelompok me lengkapi informasi sebab, dampak, dan pencegahan c. Rancang material k ampanye agar remaja menjadi lebih tahu dan menyadari dampak I MS d . Fasilitator dapat menghadirkan nara sumber dari bidang komu nikasi untuk membantu p roses ini I. Penugasan La kuk an k egi ata n k amp anye . Beke rja sama lah de nga n or gan isa si remaja, at au diselenggarakan pada event yang terkait Mading IMS A . Pok ok Bahasan I MS B. Sub Pok ok Bahasan I MS C. Tujuan Pembelajaran 1 . Peserta dapat mengident ifikasi pengertian I MS 2 . Peserta dapat mengid entifikasi sebab I MS 3 . Peserta dapat mengidentifikasi dampak I MS t erhadap remaja 4 . Peserta dapat mengident ifikasi pencegahan I MS D. Sasaran PMR Wira E. W ak tu 2 x 45 menit F. Metode Diskusi, simulasi G. Media Alat tulis, flipchart H. Proses Pembelajaran 1. Pen gantar a . Fasilitator mengu las kembali hasil pembahasan kes ehatan reproduksi b . Fasilitator menany akan kepada peserta apa dampaknya jika tidak menjaga kesehatan reprodu ksi. Arahkan jawaban akan berpeluang terkena I MS 2. Kegiatan Belajar a . Fasili tator membag i peserta menjadi beber apa kelompo k, masing-ma sing 4 – 6 orang b . Setiap kelompok me mbuat mading (majalah di nding) tenta ng I MS c. Kir imkan hasil karya ke maj alah d indin g seko lah, lomba mading, atau PMI Cabang, sebagai salah satu peran PMR Wira menyebarluaskan informasi kepada teman sebaya I. Penugasan Terlibatla h dala m pemb uatan mading di sek olah, PMI Cab ang, maupun organi sasi re ma ja Kuis pemeriksaan kecanduan A . Pok ok Bahasan Napza B. Sub Pok ok Bahasan Napza C. Tujuan Pembelajaran 1 . Peserta dapat meng identifikasi pengertian napza dan penyalahgunaannya 2 . Peserta dapat mengi dentifikasi jenis napza berdasarkan efek penggunaannya D. Sasaran PMR Wira E. W ak tu 2 x 45 menit F. Metode Diskusi, simulasi G. Media Alat tulis, flipchart, daftar pertanyaan kuis H. Proses Pembelajaran 1. Pen gantar Fasilitator menggali pengetahuan peserta tentang jenis napza dan dampaknya 2. Kegiatan Belajar a . Fasilitator membagikan daftar pertanyaan kuis kepada peserta b . Setelah mengetahui nilai masing-masing, diskusikan bagai mana suatu perilaku (kecanduan) akan berd ampak pada banyak hal c. Kemudian buatlah sua tu pernyataan sikap I. Penugasan Tuangkan perny ataan sikap tersebut dalam bentuk media kampanye, da n terlibatlah di kegiatan-kegiatan kampanye anti napza Daftar pertanyaan kuis LINGKARI PILIHANM U Ya Tidak 1. Aku sudah mengambil keputusan bahwa aku tidak akan per nah mengkonsumsi napza 2. Aku bebas dar i tindakan kecand uan apapun seper ti ber judi, ber belanja, makan ber lebihan, diet ber lebi han, menjelajah di int er net, atau menonton TV tanpa henti 3. Bila menyangkut pilihan-pilihanku tentang alcohol, tembakau, dan nar koba, ak u mengambil keputusanku sendir i dan tidak menyer ahkan pada tekanan teman sebaya 4. Aku sudah b ebas alcohol dan temb akau selama 30 har i ter akhir 5. Aku menghindar i ber agam situasi d imana pasti ada kegiat an minum minuman k er as dalam jumlah besar dan nar koba 6. Aku menjauhi por nogr afi di inter net 7. Aku nongkr ong dengan teman-t eman yang memper sempi t sudut pandangku tent ang zat-zat yang mengakibatkan kecanduan 8. Aku menyemangati teman-temanku agar menjauhi zat- zat ber bahaya 9. Aku tidak p er nah membiar kan teman-temanku mengemudi kan kendar aan dalam keadaan mabuk 10.Aku bebas dar i gangguan makan ap apun seper ti aner oksia atau bulimia 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 Tot al Jumlahkan skormu dan ketahuilah hasilnya 40 – 50 k amu ber ada pada j alur tinggi. Per tahankan! 30 – 39 kamu ber ada diantar a jalur tinggi dan r endah. Pindahkan ke jalur yang lebi h tinggi! 10 – 29 kamu ber ada dijalur r endah. Per hatikan baik-baik hal ini bahwa kacanduanmu akan ber pangar uh pada banyak hal. Tentukan sikapmu sekar ang juga! Siapa yang dipengaruhi oleh kecanduan Kebenaran tentang… A . Pok ok Bahasan Napza B. Sub Pok ok Bahasan Napza C. Tujuan Pembelajaran 1 . Peserta dapat meng identifikasi pengertian napza dan penyalahgunaannya 2 . Peserta dapat mengi dentifikasi jenis napza berdasarkan efek penggunaannya D. Sasaran PMR Wira E. W ak tu 2 x 45 menit F. Metode Diskusi, simulasi G. Media Alat tulis, flipchart, daftar pertanyaan kuis H. Proses Pembelajaran 1. Pen gantar F a si li ta t o r me mba g i k an a r ti k e l a t a u i n fo r ma si t en t a n g k a s us - k as u s penyalahgu naan napza 2. Kegiatan Belajar a . Fasilitator membag i peserta menjadi beberapa kelompo k, beranggotakan 5 – 7 orang b . Kemudian fasilitato r mengatakan bahwa kalau peserta tah u kebenaran, pasti akan menetapkan pilih an yang lebih cerdas c. Setiap kelompok melakukan keg iatan sbb:  mengidentifikasi jenis-jenis napza  men da ta f a kt a- fa kt a t er ka it , mis al na ma lai n n ap za , b ah an y an g terkandung, dampak dll  me mbu at me dia k amp any e yan g b er tuj uan a gar pa ra re maj a dap at membuat pilihan yang cerdas terkait napza d . Presentasikan hasil d iskusi, dan lengkapi e . Lakukan uji c oba kampanye f . Evaluasi kembali I. Penugasan Lakukan kampanye Contoh Kebenaran ten tang alkohol Alias minuman keras, so uce, juice, hard stuff Tahu kah ka mu? § Alko hol mer usak ot akmu § . . . § . . . § . . . Bagaimana se baiknya aku? § Pemutus rantai kec anduan di keluarga § . . . § . . . § . . . Drama of life A . Pok ok Bahasan HI V/AI DS B. Sub Pok ok Bahasan 1 . Penyebab HI V/AI DS 2 . Pencegahan HI V/AI DS 3 . Anti stigma da n diskriminasi C. Tujuan Pembelajaran 1 . Peserta dapat mengidentifikasi penger tian HI V/AI DS 2 . Peserta dapat mengidentifikasi penula ran HI V/AI DS 3 . Peserta dapat mengidentifikasi penceg ahan HI V/AI DS 4 . Peser ta dapat mengide ntifikas i tujuan anti sti gma dan diskrimi nasi ter hadap Odha/Ohida 5 . Peserta dapat mengidentifikasi kegiatan anti stigma dan deskrimi nasi terhadap Odha/Ohida D. Sasaran PMR Wira E. W ak tu 4 x 45 menit F. Metode Diskusi, drama , dokumentasi G. Media Perlengka pan drama H. Proses Pembelajaran 1. Pen gantar Fasilitator menggali pengetahuan pesert a terkait HI V/AI DS. Tambahkan referensi dari surat kabar, majalah, internet, atau buku -buku pelajaran 2. Kegiatan Belajar a . Fasilitator memint a peserta merancang drama dengan te ma anti stigma dan deskriminasi b . Biarkan peserta melakukan pembagian tugas a.l. penulisan skenario, penyiapan kostum, perlengkapan, make up artist, dll c. Rencana kan pementasan drama pada sa at masa orien tasi siswa, Ha ri AI DS sedunia, atau eve nt-event lainnya I. Penugasan Bagi pesert a yang bermina t fotog rafi, s yuting , atau penulis an dapa t melak ukan pe ra nn ya y ai tu men do ku me nt as ik an s elur uh p ro se s ke gi at an . La ku ka n ju ga wawan c ar a d en ga n p en o nt on un tu k mele ng k ap i i nf or mas i. Pe rb a ny ak ha si l dok ument asi d an ba gika n kep ada t eman, seko lah, PMI C aban g, at au or ganis asi re ma ja Berbagilah dengan mereka A . Pok ok Bahasan HI V/AI DS B. Sub Pok ok Bahasan 1 . Penyebab HI V/AI DS 2 . Pencegahan HI V/AI DS 3 . Anti stigma da n diskriminasi C. Tujuan Pembelajaran 1 . Peserta dapat mengidentifikasi penger tian HI V/AI DS 2 . Peserta dapat mengidentifikasi penula ran HI V/AI DS 3 . Peserta dapat mengidentifikasi penceg ahan HI V/AI DS 4 . Peser ta dapat mengide ntifikas i tujuan anti sti gma dan diskrimi nasi ter hadap Odha/Ohida 5 . Peserta dapat mengidentifikasi kegiatan anti stigma dan deskrimi nasi terhadap Odha/Ohida D. Sasaran PMR Wira E. W ak tu 4 x 45 menit F. Metode Diskusi, kunjung an ke LSM atau instansi yang me nangani HI V/AI DS G. Media Alat tulis, flipchart H. Proses Pembelajaran 1. Pen gantar Fas ilit ator memberi tahu kan kepa da p eser ta b ahwa aka n me ngun jung i LSM/ i ns t a ns i y a n g men a n ga n i HI V/ AI DS, a t a u p us a t p e ra wa ta n Od h a. Jik a memu ngkinkan beri k esempata n kepada pesert a untuk bertemu dengan nara sumber Od ha/Ohida 2. Kegiatan Belajar Fasilitator memfasilitasi proses diskusi atau bincang-bincan g dengan nara sumber Odha/Ohida I. Penugasan Peserta menuli skan pengalamannya, dan be rbagi informasi dengan ang gota keluarga, te ma n, a ta u g ur u un tu k mempr omos ik an an ti s ti gma d an d es kr imi na si . Ag ar diperhatikan boleh tidaknya memberitahu kan nama Odha/Ohida kepad a orang lain. Youth actions for humanity A . Pok ok Bahasan Peran PMR Wira dibid ang kesehatan remaja B. Sub Pok ok Bahasan Peran PMR Wira dibid ang kesehatan remaja C. Tujuan Pembelajaran 1 . Peserta dapa t meningkatkan pengetahu an, ketrampilan, dan kes adaran untuk terlibat dalam kegia tan kesehatan remaja 2 . Peserta dapat menin gkatkan perannya dalam proses pengambilan keputusan dan respon terhadap masa lah kesehatan remaja 3 . Peserta dapat meningkatkan keterlibatan teman sebaya dalam proses pengambilan keputusan dan respon terhadap masalah ke sehatan remaja 4 . Peserta dapat menja di pendidik remaja sebaya untuk berp erilaku hidup sehat D. Sasaran PMR Wira E. W ak tu 8 x 45 menit F. Metode Diskusi, curah pendapat , presentasi, simulasi G. Media Alat tulis, alat gambar, perlengkapan simulasi H. Proses Pembelajaran 1. Pen gantar Pa da p ro s e s i n i p e s e rt a ak a n me nd a p a tk a n pe n g e t ah u a n d a n k et r a mp i lan me ng a n a lis a permas alahan-per masalahan remaja d i bi d a n g k e s eh a t a n r e maj a , membuat perenc anaan, melakukan diseminasi da n advok asi, jeja ring da n k erj a sama, me la k sa na k a n, memantau dan mengevaluasi yang kese luruhan prosesn ya dar i, oleh, d a n u n tuk r e maj a . M e lalu i pe ndek ata n s ebay a, ang gota PMR W ira sebagai peer educator (pendidik sebaya), dapat me nggunakan proses ini untuk membantu k elompok anak d an re ma ja ( s e ko la h a t a u lu a r se kolah ) a gar le bi h t erliba t dalam p r os e s p e n g amb i la n k ep u t us a n ma s a la h - mas a lah k e se h a ta n r ema j a d i lingkungannya s ehingga dapat mengurangi resik o dan meningk atk an k ualitas hidup sehat. Dengan demikian proses ini nantinya dapat dit erapkan untuk prog ram/proy ek remaja (misal: sek olah sehat, remaja sia ga benc ana) jika tujuanny a adalah pengurangan resik o (masalah k ese hatan, k ebersihan, k eselamatan, benc ana alam, k onf lik ) serta meningk atk an k ualitas hidup sehat anak dan remaja. Karena keterlib atan anak dan remaja adalah hal yang utama, maka “leading sec tor” proses in i adalah anggota PMR. Namun demikian tetap diperlukan k esiapan PMI Cabang dalam hal struktur ma rkas, manajemen staf, penguatan pengemb angan PMR yang terintegrasi dengan pendekatan Youth Centre, Forum Remaja PMI (Forpis), pengembang an sumber daya, pendamp ingan, jejar ing dan kerj a sama. 2. Kegiatan Belajar Fasilitator memfasilitasi peserta untuk melakukan kegiatan pembelajaran sesuai la mpir an 3. Penugasan Dengan menggunakan proses ini PMR Wira merancang proy ek kesehatan untuk remaja atau anak (se kolah/luar sekolah) Lampiran Kegiatan Belajar H.2 a. Analisa kebutuhan Untuk menganali sa kebutuhan, peserta melaks anakan 2 tahap:  Assessment (penilaian kondisi ): kegiatan mengumpulkan informasi ya ng berguna untuk mengidentif ikasi masalah utama ya ng dihadap i anak/rema ja, resiko- resiko apa yang akan dikurangi, sumber daya y ang telah ada  Pemet aa n k eb ut uh an : p en ge lompo kk an in fo rmas i ( ya ng d i da pa t d ar i ha si l a ss es smen t ) be rd as ar k an men gk a te go ri an t e rt en tu u n tu k me ng id e nt if ik as i pengetahuan, k etrampilan, dan perilaku a pa saja yang perlu ditingk atkan/dirubah, dan bagaimana caranya, serta sumber daya y ang diperlukan Ba nyak me dia dan met ode dalam asse ssment dan pemeta an. Ber ikut be bera pa alternatif cara yan g dapat diterapkan. A s s es s men t – A p a y an g per l u ki t a p er s i ap kan dan l aku kan !!!  Te ntu kan met ode (i nter vie w, pen gama tan , d isk usi kel omp ok, dl l), med ia (kuesioner, d aftar pertanyaan, dokument asi, dll), dan kelompok s asaran (anak, remaja, guru, orang tua, dll)  Identifikasi hal-ha l yang akan di assessment . Karena yan g menjadi pe rhatian adal ah bida ng kese hatan r emaja d engan memperk uat ket erlibat an anak dan remaja, mini mal terdapat 3 hal yang perlu di assessment kare na mempunyai keterkaitan yang dekat dengan bidan g kesehatan:  Kesehatan: jenis mas alah kesehatan remaja, sumber-sumber m asalah, pola hidup, pelayanan kesehatan , kegiatan apa saja yang pernah dilaku kan untuk mengatasi hal ini, oleh siapa  Li ngku nga n: masa lah li ngku nga n ( benc ana /konfli k) yan g pe rna h m uncu l, budaya, apa dampak nya terhadap masalah kesehatan, mana saja wilayah yang aman untuk ke lompok sasaran, bagaimana menjangkaunya  Kelompok sasaran: s ekolah Y, remaja luar sekolah, remaja desa X, anak, guru, orang tua, apa damp ak masalah kesehatan remaja terhadap kelompok sasaran, bagaimana keterliba tan kelompok sasaran untuk mengatasi masalah kesehatan, bagaimana tin gkat pengetahuan, ketrampi lan, dan sikap mereka, si apa saja yang paling rentan, siapa saja yang telah mempun yai pengalaman,  Tentukan metode ass eseement. Sebagai referensi lihat Pand uan Fasilitator PMR “Tour de Kampoeng”, “Wartawan Cilik”, “W artawan Siaga”  Buatlah alat assessment, misal kuesion er, daftar pertanyaan, dok umentasi, dll  Analisa hasil assessment.  P e se r t a m e n ga n a l is a h as i l te m u an - t e mu a n as s e s sm e n t , d e ng a n ca r a mendiskusikan a.l. m asalah kesehatan remaja yang paling seri ng terjadi diwilayah tersebut, apa resik o yang muncul terhadap kelompok sasa ran, sumber-sumber apa yang telah tersed ia untuk mengatasinya  Sepakati bersama ma salah yang paling utama dibidang keseh atan remaja (misal: napza) P emet aaan  Setelah menentuk an masalah utama, lakukan pemet aan dengan cara:  Membuat peta komunitas. Tuangkan hasil analisa assessment dalam bentuk peta. Misalnya asses sment dilakukan disekolah, maka buatlah peta sekolah lengkap dengan ruang k elas, kantin, sumber masal ah, fasilitas kesehatan, ge dung-gedung, lokasi/ hal-hal penyeb ab munculnya masalah keseh atan, sumber-sumber yang t elah dimiliki untuk mengura ngi dampak, dll. Konsultas ikan dengan dengan para ah li misal guru Bimbingan Penyuluha n (BP), relawan PMI. Hal ini untuk me mastikan bahwa peta tersebut te lah memberikan informasi yang tepat.  Membuat Kalender Musim, contoh: Sebelum kasus Napza Selama kasus Napza Setelah kasus Napza  Pohon masalah dan pohon tujuan. Lihat Panduan Fasilit ator Pelatihan PMR  Perbarui peta men yesuaikan kondisi  Presentasikan hasil pemetaan kepada piha k-pihak terkait untuk mena rik minat dan kesadaran m ereka tentang pengura ngan resiko b. Perencanaan  Tujuan: peserta dapat merancang suatu perencanaan untuk melakukan perubahan/ peningkatan pengeta huan, ketrampilan, dan perilaku hidup sehat pada kelompok sasaran  Gunakan hasil pemet aan tersebut sebagai acuan dalam pen yusunan perencanaan  Tetapkan tujuan y ang ingin dicapai  Tetapkan indik ator keberhasilan untuk me ncapai tujuan  Tentukan kegiat an-kegiatan untuk mencapai ind ikator tersebut  Teta pkan kelompok s asaran proyek ( misal: target p rimer a dalah s iswa, ta rget sekunder adalah guru, orang tua siswa, OSI S, penjaga kantin, target tersier adalah kepala sekolah, komite sekolah)  Ag ar menc antu mka n j adwa l, angg ara n, s umb er-s umb er y ang di perluka n, d an evaluasi  Jangan lupa berila h judul proyek ini  Car a pen yusuna n per encan aan da pat meliha t bebe rapa metod e pada Pand uan Fasilitator Pelatihan PMR maupun refe rensi lainnya  Dokumentasika n sebagai acuan monitoring dan evaluasi Penyusunan Perencanaan – contoh Ren ca n a P erub a ha n  Berdasarka n informasi-informa si hasil pemetaan, i dentifikasi kembali bagaimana kondisi sekarang.  Kemudian diskusikan kondisi yang diharapkan sehingga resiko akan menurun  Diskusikan dan sepakati apa yang akan dilakukan agar harapan tercapai (bagaimana caranya, berapa lama, oleh siapa, dll)  Contoh: KO ND IS I S EK A RAN G RE NCAN A TIN DA KA N K ON D I SI Y AN G D IH A RA P KA N  Analisa rencana tindakan tersebut dengan cara memasukkan pada kolom-kolom berikut  Urutkan sesuai prioritas kebutuhan kelompok sasaran M ud a h d i lak u k a n S ed ang Su li t d i lak u k a n S a ng a t e fe k t i f J a d w a l k e g i a t a n s e da ng K u r a ng e fe k t i f B AGA IM A NA ? B A GA I M AN A ? B AGA IM A NA ?  Pada bagian tengah selembarkertas besar, tulislah tujuan proyek  Gambarlah sebanyak mungkin panah yang menuju ke tujuan tersebut  Lihat kembali hasil pemetaan  Buatlah p ertanyaan-pertanya an disamping setia p panah, dengan me nggunakan awalan “bagaimana” (misal: bagaimana agarorang tua siswa mau mendukung proyek ini? Bagaimana caranya menyampaikan informasi ini kepada siswa?).  Diskusikan jawaban setiap pertanyaan tersebut. Tulis setiap jawaban yang telah disepakati pada ujung panah, yang kemudian menjadi rencana proyek TUJUAN c. Advokasi dan Diseminasi  Mengi nformasik an proyek ini dan menarik minat kelompok sas aran sang atlah pentin g untuk mend apatkan duku ngan dan per setujuan. Se lain itu mer ekalah nantinya yang akan melaksanakan dan bahkan membuat perencanaan selanjutnya.  Presentasi kan hasil assessment, peme taan, dan perencanaan kepa da perwakilan atau seluruh ke lompok sasaran  Mintalah PMI Cabang, Pembina PMR, ata u fasilitator untuk mendampi ngi atau memfasilitasi proses ad vokasi dan sosialisasi d . Pelaksanaan/Upaya Pengurangan Resiko  Beberapa instansi/o rganisasi menyebutnya sebagai “mitiga si” yaitu cara atau t in da ka n un tu k me n gu ra ng i re si ko . Hal i ni mer up ak an pe la ks an aa n ha si l perencanaan  Sela ma p ela k sa n aa n , j a n ga n lu p a memb u at ca t a ta n h a r ia n , me la k u ka n dokumentasi (f oto, rek aman)  Selalu berkoordinasi dengan pihak terkait e . Monitoring d an Evaluasi  I de ntif ikas i ap a sa ja y ang akan dimonit or d an d ieva luas i (misal: pe ruba han p en g e ta h ua n , k e tr a mp i lan , p e r ila ku , p e r an a n k e lo mpo k sa s ar a n d a la m perencanaan, pe laksanaan, dll)  Ku mpu lk an inf ormasi -i nfo rma si (k end ala , k eb erh asi lan , d ll) d an ban di ngk an dengan perencanaa n dan pelaksanaan  Analisa ha silnya untuk meranca ng reko mendasi (usulan) lan gkah se lanjut nya. Contoh rek omendasi:  Proyek perlu d ilanjutkan 2 tahun kedepan d engan catatan…  Proyek berhas il dan perlu dilaksanakan proyek baru …  Kegiatan X tid ak tepat untuk orang tua s iswa karena….  …  …  Tetapkan metode dan alat mon-ev  Tetapkan jadwal monitoring dan evaluasi (misal: setiap 3 bulan d an pada akhir proyek)  Buatlah laporan METODE DAN ALAT MON-EV, CONTOH : Pemetaan  Lakukan kembali cara-cara pada assessment dan pemetaan, setelah adanya proyek  Bandingkan peta sebelum dan setelah proyek  Analisa Naik t angga  Kegiatan ini dilakukan bers ama dengan kelomp ok sasaran (perw ak ilan atau seluruhnya)  Buatlah gambar tangga  T ulislah 1 hal utama yang tel ah dimonitor dan di evaluasi sebagai ju dul tangga (misal: pengetahuan)  Pada bagia n kiri setiap anak tangga, tulis/gam barlah jenis penge tahuan apa saja yang dimiliki kelompok sasaran sebelum adanya proyek  Pada bagian kanan anak tangga, tulis/gambarlah pengetahuan apa saja yang telah dimiliki kelompok sasaran setelah adanya proyek  Diskusikan mengapa pengetahuan mereka berubah, meningkat, menurun, atau tidak mengalami perubahan apapun  Lakukan pro ses ini untuk topik lainnya, misal ketra mpilan, perilaku, ke terlibatan remaja  Sepakati rekomendasi My day  Diskusikan dengan kelompok s asaran tentang kegi atan-kegiatan mere ka sebelum adanya proyek, dan setelah adanya proyek  Kelompok sasaran menuliskan atau menggambarkannya pada kertas flipchart  Diskusika n apakah ada perbe daan, mengapa, apa kah ada kendala, a pakah ada usulan  Sepakati bersama rekomendasi Sebelum Setelah BAHAN BACAAN 1 . 50 Quick Tea m Building Games, Brian Cole Miller 2 . Bermain, Menghayati , dan Belajar, YI S 3 . Buku-buku pela tihan terbitan PMI Pusat: Pertolongan Pertama, Perawatan Keluarga, Kesiapsiagaan Bencana Berbasis Masyarakat, Kesehatan Remaja 4 . Character Buildi ng untuk Anak-anak, Barbara A. Lewis, Karisma 5 . Character Build ing untuk Remaja, Barbara A. Lewis, Karisma 6 . Child-led Disaster Risk Reduction: A Practical Guide, Save the Children 7 . Community Challenge, Australian Red Cross 8 . Exploring Humani tarian Law, I CRC 9 . Foto d an gambar b erasal dar i internet dan dokumen tasi PMI P usat, Daera h, dan Cabang 10 .Friends Tell Friends on the Street, Thai Red Cross 11 .Ketrampilan Komunitas Menghadapi Konfli k, Prof. Mari Fitzduff, Br itish Council 12 .Kisah Sebuah Gagasan, I CRC 13 .Livin g Values An Educa tional Pr ogram Edu cator Tr aining Gu ide, Dian e Tillma n and Pilar Quera Colomina, Grasindo 14 .Ma nua l ( Bu ku Bac aan ) u nt uk PMR Mu la, M ady a, Wir a d en gan ma ter i: Ge rak an Kepalangmeraha n, Kepemimpinan, Pertolong an Pertama, Remaja Sehat Peduli Sesama, Kesehatan Re maja, Ayo Siaga Bencana, Donor Darah 15 .Menemuk an Sekolah y ang Membebas kan, Komunit as Sekolah Alam, Kawan P ustaka 16 .Mengembangkan Kemampuan Adaptasi Anak M enghadapi Stress Psikososi al, Drs. Made Rustika, MSi 17 .Menjaga Diri Sendiri, Claire Llewellyn, Tiga Serangkai 18 .Metode Praktis Pembelajaran Berbasis Mult iple I ntelligences, Linda C ampbell, Bruce Campbell, Dee Dicki nson, I ntuisi Press 19 .Mind Map untuk Anak, Tony Buzan, Gramedia Pustaka Utama 20 .PHAST Step by Step Guide: A Participator y Approach for the Control of Diarrhoeal Disease, WHO , SI DA, UNDP 21 .Psikologi untuk Anak dan Remaja I I , Jonni Kincher, Karisma 22 .Seven Steps for Sev en Principle, I FRC 23 .The 6 Most I mpo rtant Decisions You’ll Ever M ake, Sean Covey 24 .Totto-Chan Ga dis Cilik di Jendela, Tets uko Kuroyanagi, Gramedia Pustaka Utama 25 .Tujuh Kebiasaa n Remaja yang Sangat Efekt if, Sean Covey 310 “Begin with me” (aku mulai...) adalah slogan yang diucapkan oleh anggota PMR untuk memberikan motivasi kepada anak dan remaja agar senantiasa berp eran a ktif me ngurangi resiko dengan melakukan tindaka n-tind akan se derha na yang d iaw ali d ari dirinya se ndiri, ya ng pa da akh irnya ak an mempengaruhi anak dan remaja lainnya untuk mengikuti perilaku hidup sehat dan aman. Dengan mengembangkan berbagai metode dan media pembelajaran partisipatif akan memberikan kesempatan kepada anak dan remaja untuk terlibat dalam pengambilan keputusan dan merespon masalah-masalah kesehatan/bencana yang dihadapinya. ISBN 979357547-6 9 7 8 9 7 9 3 5 7 5 4 7 6 >

Tidak ada komentar:

Posting Komentar