Donor Darah
Panduan Fasilitator
Donor Darah
Untuk PM R
2008
106
ANALISA KOMPETENSI DONOR DARAH PMR MULA
Kompetensi Umum Kompetensi Khusus Kompetensi penduk ung
• M emiliki p engetahuan
tentang Ger akan
• M emiliki p engetahuan tentang Pr insip Dasar Ger akan
• M emiliki p engetahuan tentang ketentuan Lambang
• M emiliki p engetahuan tentang or ganisasi PM I dan keg iatannya
• Dapat menjadi “peer leader ship” (contoh bagi teman s ebaya)
• M emiliki p engetahuan
tentang donor dar ah
• M emiliki p engetahuan tentang mac am golongan dar ahA, B, AB, O
• M emiliki p engetahuan tentang per an PM R M ula dalam kegi atan donor
dar ah
• M emiliki p engetahuan
tentang tr ansfusi dar ah
ANALISA TUJUAN BELAJAR DONOR DARAH PMR MULA
No.
Tujuan Belajar
Indik ator Materi
1. M engetahui donor dar ah
2. M engetahui macam golongan d ar ah A, B, AB, O
Dapat menyebutkan syar at,
manfaat, dan pr osedur donor dar ah
Dapat menyeb utkan macam golongan dar ah
Donor dar ah
Golongan dar ah
3. M engetahui per an PM R
M ula dalam donor dar ah
Dapat melaksanakan per an PM R
M ula dalam d onor dar ah: menginfor masikan, dan mengajak anggota keluar ga sebagai pedonor dar ah
Per an PM R M ula dalam
kegiatan d onor dar ah
107
KURIKULUM DONOR DARAH PMR MULA
Pok ok
Bahasan
Sub Pokok
Bahasan
Tujuan
Pembelajaran
Alok asi
Wak tu
Metodologi
Media
Sumber Belajar
Donor darah Donor dar ah Peser ta dapat menyebutkan syar at, manfaat, dan pr osedur donor dar ah
1 x 45’ M enggambar, dis kusi, kunjungan UTDC, tanya jawab , ber main per an, mencocokk an kar tu
Alat tulis, alat gambar,
per lengkapan pendukung
M anual donor dar ah
PM R
Refer ensi ter kait
M acam
golongan dar ah
A, B, AB, O
Peser ta dapat
menyebutk an macam golongan dar ah
1 x 45’ Tanya jawab, diskusi, menggambar Alat tulis, alat
gambar,
per lengkapan pendukung
M anual donor dar ah PM R
Refer ensi ter kait
Per an PM R M ula
dalam donor dar ah
Peser ta dapat
menyebutkan peran PM R M ula dalam donor dar ah: menginfor masikan, dan mengajak anggota
keluar ga sebagai pedonor dar ah
Peser ta dapat menjadi contoh bagi teman sebaya ber perilaku hidup sehat sehingga dapat menjadi calon pedonor darah
3 x 45’ Diskusi, memb uat kar tu pos
ber gambar, melukis ker amik/
lay angan/souvenir
Alat tulis, alat
gambar,
per lengkapan pendukung
M anual donor
dar ah PM R
Refer ensi ter kait
5 x 45’
Apakah donor darah itu?
A . Pok ok Bahasan
Donor darah
B. Sub-pok ok Bahasan
Donor darah
C. Tujuan Pembelajaran
1 . Peserta dapat menyebut kan syarat donor darah
2 . Peserta dapat menyebutk an manfaat donor darah
3 . Peserta dapat menyebutk an prosedur donor darah
D. Sasaran
PMR Mula
E. W ak tu
1 x 45 menit
F. Metode
Diskusi, menggambar, p resentasi, tanya jawab
G. Media
Alat gambar, kertas flipchart/manila, a lat tulis, papan flipchar t/papan tulis
H. Proses Pembelajaran
1. Pengantar
Fasilitator menanya kan kepada peserta apakah mempunyai saudara yang pernah mendonorkank an darahnya
2. Kegiatan Belajar
a . Fasilitator membagikan kartu kepada peserta
b . Pada kartu tersebu t, tiap peserta menuliskan/menggamba r pengertian donor darah, syarat pedonor, manfaat dan prosed ur donor darah
c. Beberapa perwakilan pesert a menceritakan kembali apa yang telah mereka tulis/gambar pada k artu masing-masing
d . Bahas dan sep akati bersama
I. Penugasan
Peserta mengajak salah seorang anggota keluarganya menjadi pedonor darah sukarela
Catatan:
jelaskan dengan bahasa yang sederhana jika muncul pertanyaan tentang tranfusi darah
A p a ka h d o n o r d a r a h i t u ??
Aku tau
A . Pok ok Bahasan
Donor darah
B. Sub-pok ok Bahasan
Donor darah
C. Tujuan Pembelajaran
1 . Peserta dapat menyebut kan syarat donor darah
2 . Peserta dapat menyebutk an manfaat donor darah
3 . Peserta dapat menyebutk an prosedur donor darah
D. Sasaran
PMR Mula
E. W ak tu
1 x 45 menit
F. Metode
Kunjungan ke UTDC, bermain peran, tanya jawab
G. Media
Alat tulis, alat gambar
H. Proses Pembelajaran
1. Pengantar
a . Fasilitator menceritakan rencana kunj ungan ke UTDC
b . Tanyakan pada pes erta apakah UTDC
2. Kegiatan Belajar
a . Ajak peserta berku njung ke UTDC PMI
b . Selenggarakan bermain peran:
• Se ba gi a pe se rt a me nj ad i or an g ya ng a ka n me nd on or ka n da ra hn ya , sedangkan peserta la in menjadi pengamat
• Pe tu ga s UTDC s eb ag ai pe tu ga s UTDC y an g melay an i pe se rt a, s er ta
menjelaskan sy arat, manfaat, dan prosedu r donor darah
• Mulai lah pera n ini dar i pesert a datang, mendaft ar, berta nya, kemudian melihat proses p engambilan darah
• Catatan: lakukan latihan terlebih dahulu, sehingga tidak canggung
c. Fasilitasi pesert a untuk mengadakan tanya jawab de ngan petugas UTDC
I. Penugasan
a . Tiap peserta mengg ambar atau menulis pengalaman merek a, kemudian pasang dit empa t ya ng mudah ter liha t, s ehing ga k elua rga juga men geta hui syar at,
manfaat, dan pros edur donor darah
b . Jika ad a dokumentas i/foto selama kegiatan b erlangsung, buatlah albu m yang
dilengkapi dengan c erita untuk dipasang diruang PMR ata u papan pengumuman sekolah
Tahukan kamu?
A . Pok ok Bahasan
Donor darah
B. Sub-pok ok Bahasan
Donor darah
C. Tujuan Pembelajaran
1 . Peserta dapat menyebut kan syarat donor darah
2 . Peserta dapat menyebutk an manfaat donor darah
3 . Peserta dapat menyebutk an prosedur donor darah
D. Sasaran
PMR Mula
E. W ak tu
1 x 45 menit
F. Metode
Tanya jawab
G. Media
Kaleng koso ng, kertas manila, lem, spidol, stik es krim/bambu:
1 . Hiasi kaleng den gan cara menutupinya dengan ke rtas dan gambar
2 . Tuliska n be rbaga i in formasi pada stik es krim/ bamb u (minimal se suai jumlah peserta) tent ang syarat, manfaat, dan p rosedur donor darah, misal: berat badan
45 kg, membantu t eman yang sedang sakit dan membu tuhkan darah, dll
3 . Tempatkan stik/b ambu pada kaleng
4 . Tulis pada kert as manila besar: SYARAT, MANFAAT, PROSE DUR DONOR DARAH
H. Proses Pembelajaran
1. Pen gantar
Fasilitator menjelaska n tujuan pembelajaran
2. Kegiata n Belajar
a . Setiap peserta mengambil stik/bambu pada kaleng secara acak
b . Minta masing-masin g peserta membaca tulisan yang terte ra pada stik/bambu
c. Tempelkan stik/bambu pada kolom SYARAT, MANFAAT, ata u PROSEDUR sesuai dengan pesan yang ter tera pada stik/bambu
d . Bahas dan sep akati bersama
I. Penugasan
Setia p peserta membuat s logan ten tang ajak an kepada guru, ora ng tua, k akak, atau saudara un tuk menja di pedono r darah. Slogan dap at dituli s/digambar pada stik/bambu atau bahan lainnya. Hiasi bahan tersebut dan hadiahkan sebagai souvenir kepada mere ka, atau tempelkan p ada manila
Cocok Kartu
A . Pok ok Bahasan
Donor darah
B. Sub Pok ok Bahasan
Donor darah
C. Tujuan
1 . Peserta dapat menyebut kan syarat donor darah
2 . Peserta dapat menyebutk an manfaat donor darah
3 . Peserta dapat menyebutk an prosedur donor darah
D. Sasaran
PMR Mula
E. W ak tu
1 x 45 menit
F. Metode
Bermain, di skusi, mengga mbar
G. Media
Kertas warna, sp idol warna, gunting, isolasi, paku, sterofoam
H. Proses Pembelajaran
1. Pen gantar
a . Fasili tator bercer ita mengena i donor dara h sembari menciptakan s uasana agar tetap nyaman, menyenangkan dan jauh dar i kesan formal.
b . Ajak anak ber main pesan berbisik, cara bermainnya :
Bagi anak dalam 2 – 4 kelompok, tiap kelompok ter diri 5 – 10 anak
Tiap kelompok ber baris kebelakang.
Satu An ak yang palin g depan maju beberapa lang kah dari kelo mpoknya atau menuju k e fasilitator
Fasilitator member ikan tulisan (yang terkait dengan sub pokok bahasan)
kepada perwakilan kelompok tersebut untuk di baca di tempat.
Setelah selesai membaca, perwakilan kelompok tersebut kembali ke barisan kelo mpoknya , kemud ian membisikan pesan kepada temany a, kemu dian teman yang sudah d i bisikan membisikan pesan tadi ke peserta berikutnya hingga peserta yang ber ada di paling belakang
Setela h sampai pe serta palin g belakang, anak itu menyebutkan secara lantang keras apa yang telah dibisikan padanya
Beri applaus p ada pesert a, ajak a nak untuk mendiskus ikan “apa yang dirasakan anak pada per mainan pesan berbisik”.
2. Kegiatan belajar
a . Ajak peserta bermai n mencocokan kartu.
b . Fa sili tat or mene mpe lka n ke rta s warna be rtu lisk an sya rat, ma nfa at d an prosedur donor da rah di sterofoam.
c. Fasilitator membag ikan kertas warna bertuliskan poin-p oin yang merupakan syarat, manfaa t dan prosedur donor darah k epada peserta.
d . Pes er ta d i mi nt a me n co co kk an ke rt as -k e rt as t er s eb ut s es u ai d en ga n golongannya. Misal, tempelkan kertas b ertuliskan “Lak i-lak i/w anita dew asa, minimal 17 tahun “ pada kertas bertuliskan “sy arat”.
e . Ciptakan suasana a gar peserta tergerak untuk saling be rlomba menempelkan kert as yang benar. Mungki n saja akan te rjadi d iskusi di anta ra pese rta, tetapi fasilitator jangan membimbing atau memberikan jawaban yang tepat dahu lu.
f . Setelah semua ditempel, adakan diskusi dengan peserta. Adakah kertas yang ditempelkan di tempat yang salah, koreksi jawabannya dan jelaskan alasannya.
I. Penugasan
Peserta mengg ambat tentang donor darah dan tempelkan gambar terse but di tempat yang strategi s di rumah sebagai salah s atu upaya mereka untuk men gajak anggota keluarga sebagai pendonor darah.
Contoh bentuk permainan c oc ok an k artu donor darah
A, B, O, AB
A . Pok ok Bahasan
Donor darah
B. Sub-pok ok Bahasan
Macam golo ngan darah
C. Tujuan Pembelajaran
Peserta dapat menyebutk an macam golongan darah
D. Sasaran
PMR Mula
E. W ak tu
1 x 45 menit
F. Metode
Tanya jawa b, diskusi
G. Media
Papan flipchart/ papan tulis, alat tulis, kerta flipchart/manila
H. Proses Pembelajaran
1. Pengantar
a . F a si li ta t o r me n a ny a k an k e pa d a p e s e rt a s ia p a y a n g s u d a h p e rn a h memeriksa kan go longan darah , dan minta mereka menye butkan golon gan darahnya ma sing-masing
b . Fasilitator menanyakan kepada peserta macam-macam golongan darah
c. Fasilitator menanyakan kepada peserta pentingnya mengetahui golongan darah
2. Kegiatan Belajar
a . Peserta membua t pohon silsilah golongan d arah keluarga.
b . Fasilitator melaku kan tanya jawab dengan peserta pen tingnya mengetahui golongan darah a nggota keluarga.
c. Cata t hasil tanya ja wab pad a flipch art, dan buatla h kesepa katan de ngan peserta tentang hasil tanya jawab tersebut
I. Penugasan
Peserta mengajak anggota keluarganya untuk memeriksakan golongan darah
Apa ya golongan darahku??
A . Pok ok Bahasan
Donor darah
B. Sub-pok ok Bahasan
Macam golo ngan darah
C. Tujuan Pembelajaran
Peserta dapat menyebutk an macam golongan darah
D. Sasaran
PMR Mula
E. W ak tu
1 x 45 menit
F. Metode
Kunjungan ke U TDC PMI /puskesmas, tanya jawab, menggambar
G. Media
Alat ga mbar, kartu manila
H. Proses Pembelajaran
1. Pengantar
Fasilitator menjela skan kepada peserta akan ada pemerik saan golongan darah
2. Kegiata n Belajar
a . Fasilitator dan peserta berkunjung ke UTDC PMI , atau puskesmas
b . Peserta memeriksaka n golongan darahnya
c. Fasilitasi peserta untuk mengadakan tanya jawab dengan petugas pentingnya mengetahui golon gan darah masing-masing, serta k eluarga terdekat
I. Penugasan
Peserta menggambar pengalaman mereka selama kunjungan, d an pasang ditempat- tempat yang mudah terlihat
Bank Kegiatan
A . Pok ok Bahasan
Donor darah
B. Sub-pok ok Bahasan
Peran PMR Mula d alam donor darah
C. Tujuan Pembelajaran
1 . Pe se r t a d a p a t me ny e b u tk a n pe r a n P M R Mu la da la m d o n or d a ra h :
menginformasikan, dan mengajak anggota keluarga seba gai pedonor darah
2 . Peserta dapat menja di contoh teman sebaya berperilaku h idup sehat sehingga dapat menjadi calon pedonor darah
D. Sasaran
PMR Mula
E. W ak tu
3 x 45 menit
F. Metode
Diskusi
G. Media
Manila, a lat tulis
H. Proses Pembelajaran
1. Pengantar
Fasilitator menjelaska n tujuan pembelajaran
2. Kegiatan Belajar
a . Fa sili tato r be rsama de ngan pes erta men disk usik an k egia tan yang dap at
di la kuk an PM R Mula unt uk me ny eba rluas ka n i nf ormas i t en tan g sya ra t,
p ro se du r, d an ma nf aa t do no r d ar ah , se r ta men ga ja k k elua rg a un tu k me njad i pe dono r da rah. Ga li i de k reat if p eser ta
b . Pas ang di r uang PMR seb agai pro gram ker ja P MR
I. Penugasan
a . Sepakati dan laksanaka n ide kreatif peserta
b . Setiap pesert a mengajak salah seorang a nggota keluarganya menjad i donor darah sukar ela. Jik a berhas il, ceri takan pe ngalaman tersebu t pada s aat pert emuan PM R
120
Kartu pos bergambar
A . Pok ok Bahasan
Donor darah
B. Sub-pok ok Bahasan
Peran PMR Mula d alam donor darah
C. Tujuan Pembelajaran
1 . Pe se r t a d a p a t me ny e b u tk a n pe r a n P M R Mu la da la m d o n or d a ra h :
menginformasikan, dan mengajak anggota keluarga seba gai pedonor darah
2 . Peserta dapat menja di contoh teman sebaya berperilaku h idup sehat sehingga dapat menjadi calon pedonor darah
D. Sasaran
PMR Mula
E. W ak tu
3 x 45 menit
F. Metode
Membuat kartu pos bergambar
G. Media
Kertas untuk bahan ka rtu pos, alat gambar
H. Proses Pembelajaran
1. Pen gantar
Fasilitator menjelaska n tujuan pembelajaran
2. Kegiatan Belajar
a . Peserta membuat ka rtu pos bergambar, minimal 1 kartu pos tiap peserta
b . Tema gambar sesuai kesepakatan, namun merujuk pada t ujuan pembelajaran
I. Penugasan
Selenggarakan suatu kegiatan bekerja sa ma dengan PMI dan UTDC, ke mudian secara seren tak kiri mkan kar tu pos te rsebut k epada te man, guru , saudar a, atau untuk koleksi pribadi
Catatan: kegiatan kar tu pos bergambar ini dapat diganti dengan melukis d iatas keramik kec il y ang pada bag ian bela kang dib eri magn et, memb uat pemb atas buk u, meluk is layang-layang, dan keg iatan kreatif lainnya.
121
124
ANALISA KOMPETENSI DONOR DARAH PMR MADYA
Kompetensi Umum Kompetensi Khusus Kompetensi penduk ung
• M emiliki pemahaman tentang
Ger akan
• M emiliki pemahaman tentang
Pr insip Dasar Ger akan
• M emiliki pemahaman tentang ketentuan Lambang
• M emiliki pemahaman tentang
Hukum Humaniter
Inter nasional
• M emiliki pemahaman tentang or ganisas i PM I dan
keg iatannya
• Dapat menjadi “peer suppor t” (member ikan dukungan kepada teman sebaya untuk melakukan per ubahan per ilaku hidup sehat) • M emiliki pemahaman tentang tr ansfusi dar ah
• M emiliki pemahaman
tentang donor dar ah
• M emiliki pemahaman tentang macam golongan dar ah
• M emiliki pemahaman tentang per an PM R
M adya dalam kegiatan donor dar ah • M emiliki p engetahuan tentang mac am golongan dar ah t ambahan
• M emeiliki p engetahuan
tentang “ser vice cost” (biaya pengganti)
ANALISA TUJUAN BELAJAR DONOR DARAH PMR MADYA
No.
Tujuan Belajar
Indik ator Materi
125
KURIKULUM DONOR DARAH PMR MADYA
Pok ok
Bahasan
Sub Pokok
Bahasan
Tujuan
Pembelajaran
Alok asi
Wak tu
Metodologi
Media
Sumber Belajar
Donor darah Tr ansfus i dar ah Peser ta dapat menjelaskan tr anfusi dar ah
1 x 45’ Kunjungan UTDC, tanya jawab,wawancar a
Alat t ulis,
per lengkapan pendukung
M anual donor dar ah PM R, Refer ensi terkait
Donor dar ah Peser ta dapat
menjelaskan syar at, manfaat, dan pr osedur donor dar ah
1 x 45’ Kunjungan UTDC, tanya
jawab,wawancar a
Alat t ulis,
per lengkapan pendukung
M anual donor dar ah
PM R, Refer ensi terkait
M acam
golongan dar ah
Peser ta dapat menjelaskan macam golongan dar ah
1 x 45’
Kunjungan UTDC, tanya jawab,wawancar a
Alat t ulis,
per lengkapan pendukung
M anual donor dar ah PM R, Refer ensi terkait
Per an PM R
M adya dalam donor dar ah
Peser tadapat
menjelaskan per an PMR Madyadalam donor
dar ah:
menginfor masikan, perekrutan
Peser ta dapat
member ikan dukungan kepada teman sebaya untuk menj adi calon pedonor dar ah
3 x 45’ Tanya jawab , diskusi,
membuat gelang donor
dar ah, membuat pohon harapan
Alat tulis, alat gambar,
per lengkapan pendukung
M anual donor dar ah PM R, Refer ensi terkait
6 x 45’
To ur
A . Pok ok Bahasan
Donor darah
B. Sub-pok ok Bahasan
1 . Tranfusi darah
2 . Donor darah
3 . Macam golo ngan darah
C. Tujuan Pembelajaran
1 . Peserta dapat menjela skan transfusi darah
2 . Peserta dapat menjelas kan syarat donor darah
3 . Peserta dapat menjelask an manfaat donor darah
4 . Peserta dapat menjelask an prosedur donor darah
5 . Peserta dapat menjelask an macam golongan darah
D. Sasaran
PMR Madya
E. W ak tu
3 x 45 menit
F. Metode
Kunjungan ke UTDC, tanya jawab
G. Media
Alat tulis, ker tas flipchart, papan flipcha rt/papan tulis
H. Proses Pembelajaran
1. Pengantar
a . Fasilitator menjelaska n tujuan pembelajaran
b . Fasilitator men jelaskan bahwa akan akan kun jungan ke UTDC
2. Kegiata n Belajar
a . Ajak peserta berku njung ke UTDC PMI
b . Bersama dengan petu gas UTDC, fasilitasi peserta untuk mengamati proses di
UTDC
c. Fasilitasi pe serta un tuk menga dakan ta nya jawab dengan petugas UTDC.
Arahkan agar perta nyaan peserta atau penjelasan petu gas sesuai cakupan silabus
I. Penugasan
a . Seti ap pes erta melakuk an wawa ncara dengan anggot a kelu arga y ang pe rnah malakukan don or darah, atau memerlukan darah di PMI . Kemudian tu lis pendapat, pengalaman, atau sa ran mereka dalam bentuk artikel, cerpe n, atau komik, yang ditambahkan dengan informasi saat tour ke UTDC. Dapat di kirimkan ke buletin PMI , majalah dindi ng, atau UTDC PMI
b . Set iap peser ta me mbua t buk u pe rjanj ian b ahwa mere ka k elak akan menj adi pedonor darah sukarela. Dalam buku tersebut tulis juga tips-tips yang akan mereka lakukan agar d apat menjadi DDS (Donor Da rah Sukarela).
Catatan:
jelaskan secar a singkat jika munculpertan yaan tentang macam golongan darah lainnya, serta service cost
Wartawan Donor Darah
A . Pok ok Bahasan
Donor darah
B. Sub-pok ok Bahasan
1 . Tranfusi darah
2 . Donor darah
3 . Macam golo ngan darah
C. Tujuan Pembelajaran
1 . Peserta dapat menjela skan transfusi darah
2 . Peserta dapat menjelas kan syarat donor darah
3 . Peserta dapat menjelask an manfaat donor darah
4 . Peserta dapat menjelask an prosedur donor darah
5 . Peserta dapat menjelask an macam golongan darah
D. Sasaran
PMR Madya
E. W ak tu
3 x 45 menit
F. Metode
Wawancara , diskusi
G. Media
Alat tulis, ker tas flipchart, papan flipcha rt/papan tulis
H. Proses Pembelajaran
1. Pengantar
a . Fasi litato r menj elaska n tujua n pemb elajar an, dan tugas peser ta seb agai wartawan
b . Fasilitator memfasilitasi peserta membuat da ftar pertanyaan
2. Penugasan
Peser ta melak ukan wawa ncara ke pada petu gas UTDC atau ora ng-orang yang pernah melakuka n donor darah atau membuthka n darah di PMI
3. Kegiata n Belajar
a . Bagilah pese rta menjadi beberapa ke lompok kecil
b . Berdas arkan hasil wawancara, tiap kelompo k mendiskus ikan sesuai tujuan pembelaja ran
c. Bahas dan sepaka ti hasil diskusi
Catatan:
1. Jika diwilayah tersebut belum ada UTDC sehingga kegiatan donor da rah belum ada, maka pes erta mendapatkan informasi dari buletin PMI , i nternet, koran, majalah, atau melalui korespondensi dengan U TDC terdekat
2. Kegiatan ini d apat dilakukan jika anggot a PMR telah mengikuti pela tihan wartawan cilik, yang dapat d ipandu oleh nara sumber misal staf k ehumasan PMI Cabang
Pantomin
A . Sub-pok ok Bahasan
Donor Darah
B. Tujuan Pembelajaran
1 . Peserta dapat menjela skan transfusi darah
2 . Peserta dapat menjelas kan syarat donor darah
3 . Peserta dapat menjelask an manfaat donor darah
4 . Peserta dapat menjelask an prosedur donor darah
5 . Peserta dapat menjelask an macam golongan darah
C. Sasaran
PMR Madya
D. W ak tu
2 x 45 Menit
E. Metode
Diskusi, ber main peran.
F. Med ia
Kertas Flipchart dan manila, spidol, gulungan kertas berisi tulisan syarat donor darah, bila memungkinkan : perlengkap an bermain peran.
G. Proses Pembelajaran
1. Pengantar
Fasi litato r membu ka per temuan ini de ngan mengulas secar a singk at ten tang
Donor Darah. Kemudian menjelaska n tujuan dan pros es pembelajaran se ssion
in i.
2. Kegiata n Belajar
a . Fasilitator melakukan gulunga n-gulung an kerta s kecil yang ber isi tuli san –
tulisan (diant aranya adalah syarat menjadi donor darah).
b . Fa silita tor memint a p ese rta unt uk men gambil gulung an- gulunga n k ert as tersebut secara ac ak, masing-masing peserta mendapat satu buah gulungan kertas. Peserta belum boleh membuka g ulungan kertas yang mereka dapatkan.
c. Kemudia n, Fa sili tato r meminta kepa da p eser ta un tuk membu ka g ulun gan kertas yang mereka mi liki dan membacanya.
d . Fasilitator menempelkan dua buah karto n di papan tulis. Kertas katon pertama
un tuk men emp elka n g ulu ngan ke rta s ya ng ber isi tulisa n sy ara t menja di pendonor darah. Ke rtas karton kedua untuk menempelkan tulisan yang bukan merupakan syarat menjadi donor darah. Peserta dapat menempekan gulungan kertas yang mere ka miliki disalah satu kertas manila tersebut.
e . Sec ar a ac ak , fa si li ta to r me mi nt a du a at au t ig a or an g pe se rt a un tu k me mber ikan alasan ter had ap p ilih an, mene mpelkan gulunga n k erta s ya ng mereka pegang pada salah satu kertas karton.
f . Fasilitator melakukan klarifikasi terhadap gulungan-gulungan kertas yang telah
di tempelkan pe sert a. Kemudi an meleta kka n g ulu nga n ke rta s y ang ya ng me ru p k an s y ar a t me n j ad i p en d o n or d ar a h pa d a ke r t as k a rt o n
p er t ama. Kemu di a n fa s ili ta t or me mi n ta s a la h s e or an g p e se r ta u n tu k membacakan persyar atan menjadi donor darah seperti y ang tercamtum pada kertas kart on pertama.
g . Kemudi an fasilitat or membagi peserta menj adi 3 atau 4 kelompok. Kepada masing-masing kelo mpok dibagikan selembar kertas fipc hart dan satu buah spidol.
h . Fasi litator memint a kepa da masi ng-masi ng kelo mpok un tuk me ndiskus ikan mamfaat menjadi don or darah dan menuliskan hasil diskusi dilembar flipchart mereka. Berika n waktu 10 menit untuk peser ta berdiskusi.
i . Setelah s elesai diskusi, ma sing-masing kelomp ok diminta mempres entasikan hasi l disk usi kelompokn ya. Kemudian h asil d iskusi ditemp elkan d i dind ing/ papan tulis.
j . Fasilitator melakuk an klarifikasi singkat terhadap jawab an-jawaban peserta.
k . Kemudian fasilitator menga jak peserta untuk bermain peran dalam adegan
bi su un tu k men je las ka n p ro sed ur me nj ad i p en don or da ra h. Fa si lit at or mengambil beberapa orang peserta yang akan bermain p eran ( 2 org calon pendonor, 1 org pet ugas pemeriksa kesehatan dan kadar HB, 1 org pemeriksa tekanan darah dan 1 org ATD)-peserta lain tidak berpera n,menjadi penonton.
l. Fasilitator berfungsi menjadi narator, dan mengikuti alur cerita yang dibacakan fasilitator.
• Pertama-tama, calon pendonor darah datan g ke UTD PMI .
• Petugas memerik sa kesehatan calon pendonor, pemeriksaan HB.
• Petugas meme riksa tekanan darah calon pendonor.
• Salah seorang calon pendono r tidak dap at mendonor kan darah dengan alasan tidak memenuhi syarat menjadi donor darah.
• Calon pendonor ya ng diperbolehkan menjadi donor dar ah, berbaring dan
petugas ATD melakuka n pengambilan darah.
• Setelah pengambila n darah selesai, peserta yang mela kukan donor darah beristir ahat sejenak sa mbil menikmati makanan kecil da n minum.
• Kemudian peserta pendonor mendapatkan kartu donor darah dan pulang,
Dengan harap an akan kembali setelah tiga bulan.
m . Ber sama -sama den gan p eser ta, f asilitat or me mbah as ulang mater i do nor darah yang diberikan.
n . Fasilitator menutu p kegiatan dengan memberikan penugas an kepada peserta.
I. Penugasan
Pese rta di minta u ntuk membuat media p eraga sederha na unt uk medi a kamp anye untuk mengajak k eluarga dan saudaranya mau menja di pendonor darah suk arela, ada pun mode l me mbua t me dia kamp anye ant ara lain : madin g, p oste r, membu at sovenir, membu at pertunjukan
Aksi Donor Darah
A . Pok ok Bahasan
Donor darah
B. Sub-pok ok Bahasan
Peran PMR Madya d alam donor darah
C. Tujuan Pembelajaran
1 . Pe se r t a d a p at men j e las k a n p e r an P M R M a dy a d ala m d o n o r d a ra h :
menginformasi kan dan perekrutan donor d arah sukarela
2 . Peserta dapat membe rikan dukungan kepada teman sebaya u ntuk menjadi calon pedonor darah
D. Sasaran
PMR Madya
E. W ak tu
3 x 45 menit
F. Metode
Diskusi, t anya jawab
G. Media
Alat tulis, kertas manila/flipchart
H. Proses Pembelajaran
1. Pen gantar
Fasilitator menjelaskan proses penyusunan Aksi Donor Darah, yang disebut sebagai rencana kerja
2. Kegiatan Belajar
a . Fasilitator membagi peserta menjadi beberapa kelompok kecil
b . Tiap k elompok mend iskusikan k egiatan yan g dapat dila kukan anggo ta PMR Madya dalam hal me nginformasi kan dan per ekrutan dono r darah suk arela, misalnya: “Ke luarga Do nor Darah ” artiny a dalam s etiap keluarga an ggota PMR terdapat minimal 2 orang DDS (Donor D arah Sukarela)
c. Kemudian hasildiskusi tersebut dibahas dan disepakati bersama sebagai rencana kerja PMR
I. Penugasan
Laksanakan rencana ke rja Aksi Donor Darah
Aksi 1
Keluarga Donor Darah
Aksi 2
Aksi 5 Aksi 3
Aksi 4
Gelang Donor
A . Pok ok Bahasan
Donor darah
B. Sub-pok ok Bahasan
Peran PMR Madya d alam donor darah
C. Tujuan Pembelajaran
1 . Pe se r t a d a p at men j e las k a n p e r an P M R M a dy a d ala m d o n o r d a ra h :
menginformasi kan dan perekrutan donor d arah sukarela
2 . Peserta dapat membe rikan dukungan kepada teman sebaya u ntuk menjadi calon pedonor darah
D. Sasaran
PMR Madya
E. W ak tu
3 x 45 menit
F. Metode
Membuat gelang
G. Media
Pe rlen gka pa n membu at ge la ng (b en an g, mani k-manik atau ba han lai n yang mudah diperoleh, g unting, dll)
H. Proses Pembelajaran
1. Pen gantar
Fasilitator menjelaska n tujuan pembelajaran
2. Kegiatan Belajar
Fasilitator bersama dengan peserta membuat gelang donor. Adapun bentuk dan warna sesuai kesepa katan, namun melalui gelang tersebut menyampaikan pesan ajakan untuk menjadi donor darah sukarela
I. Penugasan
Selenggarakan kegiatan bersama dengan PMI dan UTDC, kemudian bagikan gelang- gelang tersebut kepada masyarakat, pedonor, dll. Kegiatan ini dapat juga dilaksanakan saat rawan timbulnya wabah penyakit musiman (misal: demam berdarah), bencana yang menimbulkan banyak korban, dll, yang seringkali membutuhkan tranfusi darah. Hal ini untuk memotivasi masyarakat agar melakukan donor darah
Catatan:
sebagai alternat if yaitu kreasi bunga, kartu uca pan, boneka mini
Pohon harapan
A . Pok ok Bahasan
Donor darah
B. Sub-pok ok Bahasan
Peran PMR Madya d alam donor darah
C. Tujuan Pembelajaran
1 . Pe se r t a d a p at men j e las k a n p e r an P M R M a dy a d ala m d o n o r d a ra h :
menginformasi kan dan perekrutan donor d arah sukarela
2 . Peserta dapat membe rikan dukungan kepada teman sebaya u ntuk menjadi calon pedonor darah
D. Sasaran
PMR Madya
E. W ak tu
3 x 45 menit
F. Metode
Membuat poh on harapan
G. Media
Perlengkapan membuat pohon (dari susunan ranting kering atau k ertas manila, sesuai kreatifitas), buah harapan
H. Proses Pembelajaran
1. Pen gantar
F a si li t at o r me n j ela s k an t u ju a n pembelaja ran
2. Kegiatan Belajar
a . Fasilitator bersa ma dengan peserta membuat pohon dan buah harapan
b . Koordinasikan deng an UTDC untuk meletakkan pohon hara pan di kantor UTDC
c. Fungsi pohon da n buah harapan:
• Pedonor, pengunjung UTDC, atau anggota PMR dapat menuliskan hal-hal terkait donor darah pada buah harapan, misal: ucapan semoga cepat sembuh atau ucapan menghibur, ucapan terima kasih telah menjadi DDS, ajakan menjadi DDS, informasi syarat, prosedur, dan manfaat donor darah, d l
• Tempelkan buah harapan pada pohon
• Jika ada anggota masyarakat yang datang untuk donor atau mengambil kantung darah, berikan salah satu buah harapan kepada mereka
Bunga golongan darah
A . Pok ok Bahasan
Donor darah
B. Sub-pok ok Bahasan
Peran PMR Madya d alam donor darah
C. Tujuan Pembelajaran
1 . Pe se r t a d a p at men j e las k a n p e r an P M R M a dy a d ala m d o n o r d a ra h :
menginformasi kan dan perekrutan donor d arah sukarela
2 . Peserta dapat membe rikan dukungan kepada teman sebaya u ntuk menjadi calon pedonor darah
D. Sasaran
PMR Madya
E. W ak tu
3 x 45 menit
F. Metode
Membuat bunga golongan darah
G. Media
Perlengkap an membuat bu nga (manila, guntin g, spi dol, lem, sti k es k rim/ba mbu, atau bahan lain se suai kreatifitas)
H. Proses Pembelajaran
1. Pen gantar
Fasilitator menjelaska n tujuan pembelajaran
2. Kegiatan Belajar
a . Fasilitator bersama dengan peserta membuat bunga golongan darah:
• Gunting pola bunga pada manila atau bahan lain yang mudah didapat
• Tuliskan 1 macam golongan darah pada tiap bunga, misal A, B, O, atau AB
• Pada bagian belakang, tuliskan ucapan terima kasih telah menjadi donor darah, atau informasi-informasi tentang donor darah
b . Koordinasikan dengan UTDC untuk membagikan bunga-bunga tersebut kepada par a pedo nor at au mas yaraka t yang sedan g memb utuhka n dara h, ses uai golongan da rah mereka
I. Penugasan
Buatlah souvenir lainn ya sesuai kreatifitas
ANALISA KOMPETENSI DONOR DARAH PMR WIRA
Kompetensi Umum Kompetensi Khusus Kompetensi penduk ung
• M emiliki pemahaman tentang
Ger akan
• M emiliki pemahaman tentang
Pr insip Dasar Ger akan
• M emiliki pemahaman tentang ketentuan Lambang
• M emiliki pemahaman tentang
Hukum Humaniter
Inter nasional
• M emiliki pemahaman tentang or ganisas i PM I dan
keg iatannya
• Dapat menjadi “peer educator ” (pendidik r emaja sebaya)
• M emiliki pemahaman
tentang tr ansfusi dar ah
• M emiliki pemahaman tentang donor dar ah
• M emiliki k etr ampilan mengidentif ikasi jenis golongan dar ah
• M emiliki k etr ampilan mener apkanper an PM R Wir a dalam kegiatan donor dar ah
M emiliki p engetahuan
tentang p engolahan komponen dar ah
ANALISA TUJUAN BELAJAR DONOR DARAH PMR WIRA
No.
Tujuan Belajar
Indik ator Materi
1. M emahami tr ansfusi dar ah
Dapat menjelaskan tr anfusi dar ah Tr anfus i dar ah
2. M emahami donor dar ah
•Dapat mengident ifikasi syar at, manfaat, dan pr osedur donor dar ah
•Bisa menjadi pedonor dar ah
Donor dar ah
3. M engidentif ikasi macam
golongan dar ah
• Dapat mengidentifikasi macam golongan dar ah
• Dapat melakukan pemer iksaan
golongan dar ah
Golongan dar ah
4. M ener apkanper an PM R
Wir a dalam donor dar ah
Dapat melaksanakan per an PM R
Wir a dalam donor dar ah: sebagai pedonor, meng infor masikan, mengajak/per ekr utan,
mengor ganisir kegiatan (membuat media pr omosi dan publikasi,
donor dar ah si swa, melakukan kampanye dis ekolah, ...)
Per an PM R
Wir a dalam kegiatan donor dar ah
141
KURIKULUM DONOR DARAH PMR WIRA
Pok ok
Bahasan
Sub Pokok
Bahasan
Tujuan
Pembelajaran
Alok asi
Wak tu
Metodologi
Media
Sumber Belajar
Donor darah Tr ansfusi dar ah Peser ta dapat menjelaskan
tr anfusi dar ah
1 x 45’ Kunjungan U TDC, tanya jawab
Alat tulis, ker tas flipchar t, papan flipchar t/papan tulis
Manual do nor dar ah
PM R,
Refer ensi ter kait
Donor dar ah • Peser ta dapat
mengidentifikasi syar at,
manfaat, dan prosedur donor dar ah
• Peser ta dapat menjadi pedonor dar ah jika
memenuhi kr iter ia
1 x 45’ Kunjungan U TDC, tanya jaw ab,waw ancar a
Alat t ulis,
per lengkapan pen duku ng
Manual do nor dar ah
PMR, Re fer ensi ter kait
Macam g olongan darah
Per an PMR Wir a dalam donor darah
• Peser ta dapat mengidentifikasi macam golongan dar ah
• Peser ta dapat melakukan
pemeriksaan golongan dar ah masing-masing
Peser ta dapat mengidentifikasi per an PMR Wira dalam donor darah: sebagai pedonor,
menginfor masikan, mengajak/ per ekr utan, mengor ganisir kegiatan (membuat media
pr omosi dan publikasi, donor dar ah sisw a, melakukan kampanye disekolah, ...)
Peserta dapat menjadi
pendidik r emaja sebaya
1 x 45’ Kunjungan U TDC, tanya jaw ab,waw ancar a
7 x 45’ Diskusi, membuat slogan, kampanye, Dor as (donor dar ah siswa), membuat souvenir
Alat t ulis,
per lengkapan pen duku ng
Alat tulis, alat gambar,
per lengkapan pen duku ng
Manual do nor dar ah
PM R,
Refer ensi ter kait
Manual do nor dar ah
PMR, Re fer ensi ter kait
10 x 45’
To ur
A . Pok ok Bahasan
Donor darah
B. Sub-pok ok Bahasan
1 . Tranfusi darah
2 . Donor darah
3 . Macam golo ngan darah
C. Tujuan Pembelajaran
1 . Peserta dapat menjela skan transfusi darah
2 . Peserta dapat mengidentifikasi syarat donor darah
3 . Peserta dapat mengidentifikasi manfaa t donor darah
4 . Peserta dapat mengidentifikasi prosedu r donor darah
5 . Peserta dapat mengidentifikasi macam g olongan darah
D. Sasaran
PMR Wira
E. W ak tu
3 x 45 menit
F. Metode
Kunjungan ke UTDC, tanya jawab
G. Media
Alat tulis, kertas flip chart, papan flipchart/
papan tulis
H. Proses Pembelajaran
1. Pen gantar
a . Fasilitator menjelaska n tujuan pembelajaran
b . Fasilitator men jelaskan bahwa akan akan kun jungan ke UTDC
2. Kegiatan Belajar
a . Ajak peserta berku njung ke UTDC PMI
b . Bersama dengan petu gas UTDC, fasilitasi peserta untuk mengamati proses di
UTDC
c. Fasi litasi pesert a untuk mengad akan t anya ja wab den gan pe tugas U TDC.
Arahkan agar perta nyaan peserta atau penjelasan petu gas sesuai cakupan silabus
d . Jika ada peserta ya ng pernah mengikuti kegiatan ini seb elumnya, beri peran sebagai asisten fasilitator
I. Penugasan
Peserta membuat pementasan drama atau panggung boneka t entang donor darah, berdasarkan info rmasi yang telah mereka peroleh selama kunjungan
Profil Donor Darah
A . Pok ok Bahasan
Donor darah
B. Sub-pok ok Bahasan
1 . Tranfusi darah
2 . Donor darah
3 . Macam golo ngan darah
C. Tujuan Pembelajaran
1 . Peserta dapat menjela skan transfusi darah
2 . Peserta dapat mengidentifikasi syarat donor darah
3 . Peserta dapat mengidentifikasi manfaa t donor darah
4 . Peserta dapat mengidentifikasi prosedu r donor darah
5 . Peserta dapat mengidentifikasi macam g olongan darah
D. Sasaran
PMR Wira
E. W ak tu
3 x 45 menit
F. Metode
Membuat majalah dindin g tentang donor darah
G. Media
Perlengkap an memb uat ma ding
H. Proses Pembelajaran
1. Pen gantar
Fasilitator menjelaska n tujuan pembelajaran
2. Penugasan
Peserta menca ri bahan informasi terkai t donor darah
3. Kegiatan Belajar
a . Fasilitator membagi peserta menjadi beberapa kelompok kecil
b . Tiap kelompok memb uat materi untuk majalah dinding sek olah tentang donor darah
c. Tiap kelompok mempre sentasikan hasilnya
d . Bahas dan sep akati bersama
I. Penugasan
Lengkapi materi tersebut, kemudian kirimkan ke mading sekolah
Proyek Donor Darah
A . Pok ok Bahasan
Donor darah
B. Sub-pok ok Bahasan
Peran PMR Wira d alam donor darah
C. Tujuan Pembelajaran
1 . Pes erta dapat meng ident ifika si pe ran PM R Wir a dalam do nor d arah: seba gai
pe dono r, meng inf ormasik an, men gaj ak/p ere krut an, men gor gan isir ke giat an (me mbuat media promos i dan publik asi, d onor d arah s iswa/d oras, melaku kan kampanye di s ekolah, ...)
2 . Peserta dapat menjadi pendidik remaja sebaya
D. Sasaran
PMR Wira
E. W ak tu
8 x 45 menit
F. Metode
Diskusi
G. Media
Alat tulis
H. Proses Pembelajaran
1. Pen gantar
Fasilitator menjelaska n tujuan pembelajaran
2. Kegiatan Belajar
a . Fasi litator memfasilitasi pe serta me mbuat r encana a ksi tent ang kegi atan
PMR Wira dalam donor darah, yang disebut pro yek donor darah
b . Gali ide kre atif mereka c. Sepakati bersama
I. Penugasan
Rencana pelaksanaan proyek donor darah
Donor Darah Remaja
A . Pok ok Bahasan
Donor darah
B. Sub-pok ok Bahasan
Peran PMR Wira d alam donor darah
C. Tujuan Pembelajaran
1 . Pes erta dapat meng ident ifika si pe ran PM R Wir a dalam do nor d arah: seba gai
pe dono r, meng inf ormasik an, men gaj ak/p ere krut an, men gor gan isir ke giat an (me mbuat media promos i dan publik asi, d onor d arah s iswa/d oras, melaku kan kampanye di s ekolah, ...)
2 . Peserta dapat menjadi pendidik remaja sebaya
D. Sasaran
PMR Wira
E. W ak tu
7 x 45 menit
F. Metode
Diskusi
G. Media
Alat tulis
H. Proses Pembelajaran
1. Pen gantar
Fas ilitat or be rsama denga n kelompok PMR mendis kusika n pelaksan aan do nor darah remaja, dan berk oordinasi dengan UTDC
2. Kegiatan Belajar
a . Kelomp ok PMR memfa silitasi pe laksanaan do nor darah r emaja secara rutin
di dis ekolah ata u kelompok -kelompok remaja
b . Dalam pelaksanaan donor darah remaja, dapat disertai kegiatan-kegiatan, misaln ya pembagian souvenir ha sil kreasi y ang telah di buat oleh PM R Mula dan M adya, pemutaran fi lm, perma inan-permainan
I. Penugasan
Laksanak an kegiatan ini secara rutin. Fr ekuensi kegiata n ini dapat diti ngkatkan ter utama pad a wa ktu rawan timbulny a wa bah p enya kit musiman ( misal: de mam
b er da r ah ), be nc a na y a ng me ni mb u lk an ba ny a k ko r ba n, dll, ya ng se ri n gk ali membutuhkan t ranfusi darah
Karya Seni tanpa Akhir
A . Pok ok Bahasan
Donor darah
B. Sub-pok ok Bahasan
Peran PMR Wira d alam donor darah
C. Tujuan Pembelajaran
1 . Pes erta dapat meng ident ifika si pe ran PM R Wir a dalam do nor d arah: seba gai
pe dono r, meng inf ormasik an, men gaj ak/p ere krut an, men gor gan isir ke giat an (me mbuat media promos i dan publik asi, d onor d arah s iswa/d oras, melaku kan kampanye di s ekolah, ...)
2 . Peserta dapat menjadi pendidik remaja sebaya
D. Sasaran
PMR Wira
E. W ak tu
7 x 45 menit
F. Metode
Membua t slogan/g ambar
G. Media
Kertas yang disambung-sambung atau bahan spanduk sepanjang mungkin
H. Proses Pembelajaran
1. Pen gantar
Fasilitator menjelaska n tujuan pembelajaran
2. Kegiatan Belajar
a . Bentangkan kert as atau spanduk
b . Anggota PMR bersama dengan remaja yang lain membuat gambar atau slogan tentang ajakan menjadi DDS.
c. Pasang hasil te rsebut ditempat-tempat yang mudah terlihat
Catatan:
kegiatan ini harus merupakan bagian dari event-event PM I misalnya HUT PMI , Hari PM I nte rnasional, Hari Remaja I nternasional
Kampanye
A . Pok ok Bahasan
Donor darah
B. Sub-pok ok Bahasan
Peran PMR Wira d alam donor darah
C. Tujuan Pembelajaran
1 . Pes erta dapa t men giden tifik asi peran PMR Wira dala m don or da rah: seba gai
pe dono r, meng inf ormasik an, men gaj ak/p ere krut an, men gor gan isir ke giat an (me mbuat media promos i dan publik asi, d onor d arah s iswa/d oras, melaku kan kampanye di s ekolah, ...)
2 . Peserta dapat menjadi pendidik remaja sebaya
D. Sasaran
PMR Wira
E. W ak tu
7 x 45 menit
F. Metode
Kampanye d onor darah
G. Media
Menyesuaikan j enis kampanye
H. Proses Pembelajaran
1. Pen gantar
F a si li t a to r men j e la sk a n tujua n pembela jaran
2. Kegiatan Belajar
a . Fasilitator memfa silitasi me ra n c a n g b e n tu k - b e kampanye d onor darah
b . Fa silit ato r d an pe ser ta m e n y e p a k a t i pelaksanaa n kampanye
Catatan:
k e gi a t a n i n i h ar u s me ru p a k an b a gi a n da r i eve nt-eve nt PMI misalnya HUT P MI , Ha r i P M
I nt ernas ional, Har i Remaja
I nternasional
150
Adek, bergembiralah
A . Pok ok Bahasan
Donor darah
B. Sub-pok ok Bahasan
Peran PMR Wira d alam donor darah
C. Tujuan Pembelajaran
1 . Pes erta dapat meng ident ifika si pe ran PM R Wir a dalam do nor d arah: seba gai
pe dono r, meng inf ormasik an, men gaj ak/p ere krut an, men gor gan isir ke giat an (me mbuat media promos i dan publik asi, d onor d arah s iswa/d oras, melaku kan kampanye di s ekolah, ...)
2 . Peserta dapat menjadi pendidik remaja sebaya
D. Sasaran
PMR Wira
E. W ak tu
7 x 45 menit
F. Metode
Pembuatan souvenir
G. Media
Menyesuaikan j enis souvenir
H. Proses Pembelajaran
1. Pen gantar
Fasilitator menjelaska n tujuan pembelajaran
2. Kegiatan Belajar
a . Fasili tator bers ama dengan peserta membuat sou venir, mis al boneka mini, topi badut, b unga, snack berbentuk bi natang, dll. Kegiatan in i dapat juga dilakukan bersama deng an PMR Mula dan Madya
b . So uv en ir t ers eb ut d ap at di ba gi kan k ep ad a ana k- an ak y ang men gi ku ti
o ra ng t ua ny a k e U TD C u nt u k do n or a t au me ng amb il da ra h , se h in gg a mengurangi kebosanan
151
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar